PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA DENGAN METODE BRAINDIS (BRAINSTORMING DAN DISCOVERY) PADA PELAJARAN BAHASA MATERI CERITA PADA SISWA KELAS V SDN KARDULUK I PRAGAAN SUMENEP

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sadili, Sadili (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA DENGAN METODE BRAINDIS (BRAINSTORMING DAN DISCOVERY) PADA PELAJARAN BAHASA MATERI CERITA PADA SISWA KELAS V SDN KARDULUK I PRAGAAN SUMENEP. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (526kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (216kB) | Preview

Abstract

Kemampuan berbicara pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SDN Karduluk I rendah mendapat nilai di bawah KKM. Kondisi ini tidak lepas dari proses berlangsungnya pembelajaran bahasa Indonesia di kelas. Hal tersebut disebabkan karena masih tingginya intensitas penggunaan bahasa daerah dilingkungan kelas. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode Braindis (Brainstorming dan Discovery), karena peneliti merasa metode ini adalah metode yang cocok untuk materi bercerita, dimana dalam proses pembelajaran, guru dapat melatih kemampuan siswa secara efektif dan dapat memperoleh feedback yang berguna pada masing-masing peserta didik.
Rumusan masalah pada penelitian ini yakni, (1) Bagaimana penerapan metode Braindis dalam meningkatkan kemampuan berbicara mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas V SDN Karduluk I Pragaan Sumenep?(2) bagaimana hasil dari Penerapan metode Braindis dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada siswa kelas V SDN Karduluk I Pragaan Sumenep?
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berbicara pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SDN Karduluk I Pragaan Sumenep melalui penerapan metode Braindis (Brainstorming dan Discovery). Teknik pengambilan data bersumber pada instumen penelitian berupa tes lisan, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berbicara Bahasa Indonesia materi bercerita dengan menggunakan metode Braindis, data yang diperoleh dari tes kemampuan berbicara siswa pada aspek yang dinilai meliputi:kelancaran, kefasihan,dan isi pada siklus I diperoleh nilai rata-rata tes siswa adalah 77,6 dan ketuntasan belajar mencapai 73% dengan jumlah siswa yang tuntas belajar 17 siswa. Pada siklus II, diperoleh nilai ratarata tes siswa adalah 85,08 dan ketuntasan belajar mencapai 91% dengan jumlah siswa yang tuntas belajar 21 siswa. Hasil tersebut menunjukkan secara klasikal sudah mengalami ketuntasan karena sudah mencapai diatas KK M 80

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Jauharoti Alfin, Taseman
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sadili, SadiliUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Komunikasi
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Cerita; Bahasa Indonesia; Kemampuan Berbicara; Metode Braindis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 19 Nov 2015 07:25
Last Modified: 19 Nov 2015 07:25
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/2817

Actions (login required)

View Item View Item