Implementasi taksonomi bloom dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk membentuk prilaku teladan siswa: studi kasus di SMK Darussalam Taman Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khusni, Akhmad Asron (2008) Implementasi taksonomi bloom dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk membentuk prilaku teladan siswa: studi kasus di SMK Darussalam Taman Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Akhmad Asron Khusni_D01303184.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan yang berusaha mendeskripsikan tentang Implementasi Taksonomi Bloom Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Untuk Membentuk Prilaku Teladan Siswa (Studi Kasus di SMK Darussalam, Taman, Sidoarjo). Dalam penelitian ini terdapat dua rumusan masalah, yaitu Bagaimana implementasi taksonomi Bloom dalam pembelajaran pendidikan agama Islam untuk membentuk prilaku teladan siswa di SMK Darussalam, Taman, Sidoarjo, dan Adakah kendala dalam implementasi taksonomi Bloom dalam pembelajaran pendidikan agama Islam untuk membentuk prilaku teladan siswa di SMK Darussalam, Taman, Sidoarjo. Dan dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi taksonomi Bloom dalam pembelajaran pendidikan agama Islam untuk membentuk prilaku teladan siswa di SMK Damssalam, Taman, Sidoarjo, dan mengetahui kendala dalam implementasi taksonomi Bloom dalam pembelajaran pendidikan agama Islam untuk membentuk prilaku teladan siswa di SMK Darussalam, Taman, Sidoarjo. Metode yang digunakan dalam penggalian data adalah dengan observasi, wawancara, dan angket. Kemudian sampel dalam penelitian ini ada 44 siswa-siswi SMK Darussalam, Taman, Sidoarjo. Setelah mengadakan penelitian dapat disimpulkan, bahwa Implementasi Taksonomi Bloom di SMK Darussalam, Taman, Sidoarjo sudah bisa dibilang baik, karena disana adanya praktek doa bersama dan membaca ayat-ayat Al-Qur' an di setiap awal dimulainya pelajaran, adanya peraturan untuk melakukan sholat Dzuhur berjamaah, dan juga selalu membudayakan dalam lingkungannya untuk menjaga hubungan yang serasi dan santun dengan sesama Satu sikap yang wajib dijaga siswa adalah sikap sopan dan santun dengan guru dan sesama teman sebaya. Selain itu, menjaga kebersihan sekolah, menjaga keharmonisan dengan alam dalam rangka menjaga lingkungan yang indah. Dan dalam mengimplenetasikan masih ada kendala dalam implementasi taksonomi bloom, diantaranya yaitu: Sulitnya mengontrol tingkah laku semua siswa-siswi diluar sekolah. Hal ini dapat diatasi dengan kerjasama diantara kedua orang tuan anak dengan guru ketika berada di sekolah. Dan Masih adanya siswa-siswa yang kesulitan dalam mengaplikasikan materi ajar dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian maka Hendaknya guru PAI lebih sabar lagi dalam mengimplementasikan taksonomi blom, karena dalam implementasi pembelajaran tidak mudah. Dalam hal ini seorang guru harus bisa mengontrol anak didiknya ketika diluar sekolah tidak siang, tidak pagi alias 24 jam, yaitu dengan menyarankan kepada kedua orang tua untuk lebih memperhatikan semua aktifitas yang dilakukan oleh anaknya, karena tidak mungkin seorang guru mampu mengkontrool anak didiknya ketika sudah diluar lingkungan sekolah. Kerjasama antara kedua orang tua dengan guru disekolah sangat diperlukan dan harus dilaksanakan, demi tercipnya perilaku anak didik yang berakhlakulkarimah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khusni, Akhmad AsronUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan > Pembelajaran
Perilaku
Uncontrolled Keywords: Taksonomi bloom; pembelajaran; Pendidikan Agama Islam (PAI); prilaku teladan siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 17 Oct 2018 03:21
Last Modified: 17 Oct 2018 03:21
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28167

Actions (login required)

View Item View Item