Efektivitas model penilaian interaksi tiga lingkaran (three-ring interaction) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada bidang studi Aqidah Akhlak di MA Nurul Azhar Ngawi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muthoharoh, Hanik Syayyidah (2009) Efektivitas model penilaian interaksi tiga lingkaran (three-ring interaction) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada bidang studi Aqidah Akhlak di MA Nurul Azhar Ngawi. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Hanik Syayyidah Muthoharoh_D01205099.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perwujudan pola penilaian dalam pendidikan demokratis dapat dimulai dengan mengubah salah satu komponen penting pembelajaran, yaitu evaluasi atau penilaian. Dan salah satu model penilaian dalam pendidikan adalah model penilaian Three Ring Interaction yang mencakup tiga komponen penilaian yaitu komitmen terhadap tugas, kreativitas, dan kemampu n intelektual umum. Penilaian ini tidak hanya dilakukan di akhir pelajaran tetapi juga pada saat proses pembelajaran berlangsung.Dengan diadakan penilaian secara menyeluruh siswa akan selalu termotivasi untuk lebih giat dalam belajarnya dalam mencapai hasil prestasi yang tinggi. Penelitian ini dilaksanakan di MA Nurul Azhar Ngawi, jenis penelitian Kuantiatif, dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah kelas XI dengan jumlah 20 siswa dan peneliti menggunakan teknik-random sampling yaitu peneliti mengambil semua populasi kelas XI sebagai sampel penelitian. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, interview, tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh di analisis secara deskriptif dan di analisis menggunakan rumus uji-t. Berdasarkan basil penelitian, kemudian di simpulkan bahwa model penilaian. Three Ring Interation sangat efektif atau baik dan hasil belajar siswa pada bidang studi Aqidah Akhlak kelas XI di MA Nurul Azhar Ngawi terbilang baik. Hal ini terbukti dari basil perhitungan dengan rumus uji-t, yaitu = 5,543 dan nilai tersebut lebih besar dari taraf signifikansi 5% = 2,09 dan taraf signifikansi 1% = 2,86, maka dapat diketahui bahwa to lebih besar dari pada lt yaitu 2,09 < 5,543 > 2,86. Hal ini berarti hipotesis alternative atau kerja yang menyatakan bahwa model penilaian Three Ring Interaction efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada bidang studi Aqidah Akhlak di MA Nurul Azhar Ngawi di terirpa atau di setujui.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muthoharoh, Hanik SyayyidahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Model penilaian; interaksi tiga lingkaran (three-ring interaction); hasil belajar siswa; bidang studi Aqidah Akhlak
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 17 Oct 2018 02:57
Last Modified: 17 Oct 2018 02:57
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28166

Actions (login required)

View Item View Item