Partai Bulan Bintang (PBB) di Indonesia ideologi dan perjuangan politik pasca Orde Baru 1998-2004

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmah, Zainatul (2010) Partai Bulan Bintang (PBB) di Indonesia ideologi dan perjuangan politik pasca Orde Baru 1998-2004. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Zainatul Rohmah_A02205023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Partai Bulan Bintang adalah sebuah partai islam yang lahir pasca Orde Baru, kelahiran Partai ini dilatar belakangi oleh ketidakpuasan para tokoh ulama khususnya Eks Masyumi dengan Praktek Politik Pemerintah Orde Baru terhadap Parpol Islam dan makin gencarnya gerakan kristenisasi atau tansiriyah pada saat itu. Dalam skripsi ini penulis mencoba melakukan penelitian kepustakaan dan lapangan tentang "Partai Bulan Bintang (PBB) di Indonesia (Idiologi dan perjuangan Politik Pasca Orde Baru) 1998 – 2004. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang: 1) Bagaimana Idiologi Partai Bulan Bintang pada tahun 1998 - 2004, 2 ) Bagaimana perjuangan Partai Bulan Bintang di Indonesia dalam kancah politik pasca Orde Baru. Yang menjadi Idiologi PBB yakni PBB adalah Partai Politik Islam yang harus berorasi Islam Akidah Islam. Oposisi dengan menggunakan konsep amar ma'ruf nahi mungkar dan harus berakhlak Islam. Setelah Orba tumbang dan sebelum itu Masyumi telah menyatakan bubar maka satu-satunya Partai penerus perjuangan Masyumi yang di anggap Partai Islam paling Besar pada zamannya yakni PBB. Memperjuangkan syariat Islam dan menghendaki Perubahan amandemen UUD 1945 khususnya pasal 29 ayat (I) dari yang bersembunyi " Negara Berdasarkan atas Ketuhanan Yang Maha Esa" menjadi berbunyi "Negara Berdasarkan atas ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi penduduk pemeluknya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmah, ZainatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Politik > Politik Islam
Sejarah
Keywords: Partai Bulan Bintang (PBB); Ideologi; Politik ;Pasca Orde Baru
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 15 Oct 2018 08:14
Last Modified: 15 Oct 2018 08:14
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28139

Actions (login required)

View Item View Item