Studi komparasi hasil belajar matematika siswa antara model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada pokok bahasan bilangan bulat kelas VII MTs Nasy-atul Muta'allimin 1 Gapura Sumenep

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zakiyah, Zakiyah (2010) Studi komparasi hasil belajar matematika siswa antara model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada pokok bahasan bilangan bulat kelas VII MTs Nasy-atul Muta'allimin 1 Gapura Sumenep. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Zakiyah_D04205036.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Menurut Undang-Undang RI No.20 Tahun 2003, pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana yang bertujuan untuk mengembangkan segala potensi yang dimiliki peserta didik melalui proses pembelajaran. Salah satu indikator keberhasilan dalam suatu proses pembelajaran tercennin dari nilai evaluasi. Keberhasilan proses pembelajaran itu sendiri ditentukan oleh kualitas komponen­ komponen terkait, salah satunya adalah kualitas pembelajaran yang dirancang oleh guru. Demikian juga dalam pelajaran matematika. Karena matematika merupakan salah satu ilmu yang berkenaan dengan ide-ide abstrak dan simbol-simbo maka seorang guru matematika harus pandai memilih dan meoggunakan strategi atau metode pembelajaran yang tepat dan variatif: yang sesuai dengan pokok bahasan yang disaj agar peserta didik dapat mencapai prestasi yang tinggi. Dalarn penelitian ini ada dua model pembelajaran yang digunakan yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Tujuan dari penelitian ini adalah untulc menguji perbedaan antara basil belajar siswa dengan model pem.belajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan model pembelajaran koopertaif tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Nasy-antl Muta'aJJimin 1 Sumenep sebanyak 117 siswa Sampel yang digrmakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A dan VII B yang berjumlah 56 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampel random. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Teknik analisis data menggunakan uji kesamaan dua rata-rata. Subyek penelitian terdiri atas satu kelas sebagai kelompok kooperatif tipe Jigsaw dan lainnya sebagai kelompok kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Data basil belajar siswa masing-masing berasal dari basil tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa antara basil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperataif tipe Jigsaw dengan yang menggwiakan model pembelajaran kooperatiftipe Student Teams Achievement DMsion (STAD) tidak ada perbedaan yang signifikan. Hal ini disebabkan beberapa faktor yang tidak terkontrol seperti latar belakang lingkungan sekolah dan kondisi belajar siswa terutama manajemen kelas selama proses pembelajar belum berlangsoog secara maksimal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zakiyah, ZakiyahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar; matematika; model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan tipe Student Teams Achievement Division (STAD); bilangan bulat
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 15 Oct 2018 03:05
Last Modified: 15 Oct 2018 03:05
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28136

Actions (login required)

View Item View Item