Pengembangan pembelajaran matematika yang mengintegrasikan pendidikan karakter di kelas VII MTs Muhammadiyah 4 Sidayu Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muarrof, Mamluatul Faizah (2011) Pengembangan pembelajaran matematika yang mengintegrasikan pendidikan karakter di kelas VII MTs Muhammadiyah 4 Sidayu Gresik. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Mamluatul Faizah Muarrof_D34207005.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pendidikan seharusnya tidak berhenti pada memberikan pengetahuan-pengetahuan secara teori, akan tetapi harus mampu membangun sistem keyakinan dan karakter kuat pada peserta didik. Oleh sebab itu, perlu diselenggarakan pendidikan karakter pada setiap jenjang pendidikan. Pendidikan karakter merupakan salah satu metode pengajaran untuk membangun nilai-nilai karakter serta mengakomodir kelangsungan pengalaman siswa yang diperoleh dalam kehidupan keluarganya. Untuk menerapkan pembelajaran dengan mengintegrasikan pendidikan karakter, maka diperlukan perangkat pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik dan prinsip pendidikan karakter. Oleh karena itu, perlu untuk mengembangkan perangkat pembelajaran dengan mengintegrasikan pendidikan karakter untuk kelas VII MTs Muhammadiyah 4 Sidayu Gresik. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), buku siswa, dan Lembar Kerja Siswa (LKS). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika dengan mengintegrasikan pendidikan karakter pada pokok bahasan bilangan bulat di kelas VII MTs Muhammadiyah 4 Sidayu yang valid, praktis, dan efektif. Proses pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model 4-D (Four D Model) yang dikemukakan Thiagarajan, Semmel dan Semmel yang dimodifikasi terdiri dari empat tahap. Keempat tahap tersebut adalah tahap pendefinisian (define}, tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development}, dan tahap penyebaran (disseminate). Namun pengembangan perangkat dalam penelitian ini dibatasi hingga tahap pengembangan saja. Uji coba dilakukan pada 21 siswa kelas VIIB MTs Muhammadiyah 4 Sidayu. Data penelitian dianalisis secara deskriptif dan diperoleh data sebagai berikut: kevalidan RPP berkategori sangat valid (4,39), kevalidan buku siswa berkategori sangat valid (4, 18), kevalidan LKS berkategori sangat valid (4,04), masing-masing perangkat pembelajaran dinilai praktis oleh para ahli, aktivitas siswa dapat dikatakan efektif (seluruh aspek telah memenuhi kriteria waktu ideal), keterlaksanaan sintaks pembelajaran memenuhi kriteria efektif (96% terlaksana dengan nilai 3,6), respon siswa memenuhi kriteria efektif (70% atau lebih siswa merespon dalam kategori positif, dan hasil belajar siswa memenuhi batas ketuntasan secara individual dan klasikal (81%).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muarrof, Mamluatul FaizahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran; matematika; pendidikan karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 15 Oct 2018 02:43
Last Modified: 15 Oct 2018 02:43
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28135

Actions (login required)

View Item View Item