Implementasi pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visual dan Intellectual) dengan setting model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) untuk meningkatkan penalaran analogi siswa: sub pokok bahasan luas permukaan prisma

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Istichfarin, Amin (2011) Implementasi pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visual dan Intellectual) dengan setting model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) untuk meningkatkan penalaran analogi siswa: sub pokok bahasan luas permukaan prisma. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Amin Istichfarin_D04206078.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Salah satu tujuan umum pendidikan matematika dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan adalah menggunakan penalaran pada pola dan sifat, melakukan penjelasan gagasan dan pernyataan matematika. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, guru diharapkan memiliki suatu pendekatan pembelajaran yang tepat dan dapat diimplementasikan dalam suatu metode pembelajaran. Salah satu pendekatan tersebut adalah pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visual dan Intellectual). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas siswa, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, respon siswa dan kemampuan penalaran analogi siswa setelah melakukan pembelajaran pendekatan SAVI dengan setting pembelajaran kooperatiftipe NHT (Numbered Heads Together). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, metode angket dan metode tes. Metode observasi digunakan untuk mengetahui aktivitas siswa dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran. Metode angket digunakan untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan. Metode tes digunakan untuk mengetahui kemampuan penalaran analogi siswa. Setelah dilakukan analisis data penelitian, maka didapatkan basil sebagai berikut: aktivitas siswa selama proses pembelajaran dikatakan aktif, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dikategorikan baik dengan rata-rata tiap aspeknya 3,21 %, respon siswa terhadap pembelajaran dikategorikan positif dengan rata-rata persentase jawaban senang, menarik dan ya sebesar 86,59 %, rata-rata kemampuan penalaran analogi siswa pada tes pertama sebesar 7,44 dan rata-rata kemampuan penalaran analogi siswa pada tes kedua sebesar 8,58.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Istichfarin, AminUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Pendekatan SAVI (Somatic,Auditory, Visual dan Intellectual); model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together); penalaran analogi; luas permukaan prisma
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 15 Oct 2018 02:20
Last Modified: 15 Oct 2018 02:22
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28133

Actions (login required)

View Item View Item