Pengembangan model pembelajaran Bermain Peran (Role Playing) dengan menggunakan Media Komik Matematika pada siswa Kelas VB SDN Margorejo 1 Surabaya: sub pokok bahasan Simetri Lipat dan Simetri Putar

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Najah, Safinatun (2010) Pengembangan model pembelajaran Bermain Peran (Role Playing) dengan menggunakan Media Komik Matematika pada siswa Kelas VB SDN Margorejo 1 Surabaya: sub pokok bahasan Simetri Lipat dan Simetri Putar. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Safinatun Najah_D04206070.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Materi simetri lipat dan simetri putar merupakan..topik yang sulit dipahami jika tanpa melihat bangun datarnya secara langsung dan selanjutnya diperagakan dalam dunia nyata. Selain materinya yang sulit j ika tanpa melihat dan memperagakan sendiri bangun datamya, dalam meyajikan materi guru jarang menggunakan media­ media lain yang dapat menarik minat siswa terhadap pembelajaran matematika. Oleh karena itu perlu diciptakan suatu kondisi pembelajaran yang dapat mengakrabkan matematika dengan lingkungan anak diantaranya melakukan suatu pembelajaran dengan menggunakan media komik matematika. Selain itu akan lebih menyenangkan apabila dalam suatu pembelajaran itu diselingi dengan pennainan yang mendidik salah satunya dengan model pembelajaran bennain peran (roleplaying). Tujuan penelitian ini untuk memperoleh hasil mengenai kevalidan, kepraktisan, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, respon siswa, respon guru, hasil belajar dan aktifitas siswa terhadap model pembelajaran bermain peran (role playing) dengan menggunakan media komik matematika pada materi simetri lipat dan simetri putar. Dalam model pembelajaran bermain peran (role playing) ini memi1iki sembilan langkah-langkah pembelajaran yaitu memotivasi kelompok, memilih peran, mempersiapkan tahapan peranan, mempersiapkan pengamat, pemeranan, diskusi clan evaluasi tahap I, diskusi dan evaluasi tahap II, yang terakhir membagi pengalaman dan menarik generalisasi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model penelitian prosedural. Penelitian pengembangan yang dilakukan menggunakan modifikasi dari model pengembangan Thiagarajan yaitu 4-D yang memiliki 4 tahap Pendefinisian (Define), Perancangan (Design), Pengembangan (Develop), dan Penyebaran (Desseminate). Namun pada penelitian kali ini hanya sampai pada tahap pengembangan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VB SDN Margorejo 1 Surabaya yang berjumlah 34 siswa yang diambil berdasarkan kemampuan akademik siswa yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran dengan model pembelajaran bennain peran (role playing) menggunakan media komik matematika pada simetri lipat dan simetri putar ini adalah valid dan praktis dengan nilai rata-rata kevalidan 3.16 dan dapat di gunakan di lapangan dengan sedikit revisi. Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran ini juga berada pada kategori baik. Respon siswa dan respon guru juga sangat positif. Berdasarkan hasil tes akhir setelah menggunakan model pembelajaran bennain peran (role playing) dengan media komik matematika siswa yang tuntas mencapai 93% sedangkan siswa yang tidak tuntas hanya 7%. Namun pada aktivitas siswa termasuk dalam kategori kurang baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Najah, Safinatun--UNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Bermain Peran (Role Playing); Komik Matematika; Simetri Lipat; Simetri Putar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 12 Oct 2018 08:09
Last Modified: 12 Oct 2018 08:09
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28131

Actions (login required)

View Item View Item