Hubungan antara tingkat kecerdasan (iq), motivasi berprestasi, dan minat belajar dengan hasil belajar matematika siswa semester II kelas XI IPA SMA Negeri 1 Porong

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azmi, Qonitah Rofiah (2011) Hubungan antara tingkat kecerdasan (iq), motivasi berprestasi, dan minat belajar dengan hasil belajar matematika siswa semester II kelas XI IPA SMA Negeri 1 Porong. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Qonitah Rofiah Azmi_D34207016.pdf

Download (2MB)

Abstract

Faktor Inteligensi merupakan salah satu aspek dari kepribadian manusia terpenting, sebab dalam setiap aktivitas inteligensi memegang peranan, khususnya berpengaruh kuat terhaap tinggi rendahnya hasil belajar yang akan dicapai oleh siswa. Kemampuan seseorang dalam menyelesaikan masalah tidak hanya dipengaruhi oleh faktor intelegensi melainkan juga dipengaruhi oleh faktor non - intelegensi seperti minat, motivasi dan sebagainya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, ada tidaknya hubungan antara tingkat kecerdasan (IQ) dengan basil belajar matematika siswa, ada tidaknya hubungan antara motivasi berprestasi dengan basil belajar matematika siswa, ada tidaknya hubungan antara minat belajar dengan basil belajar matematika siswa, ada tidaknya bubungan antara tingkat kecerdasan (IQ), motivasi berprestasi, dan minat belajar dengan hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini dilakukan di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Porong dengan menggunakan metode dokumentasi untuk mengumpulkan data IQ dan nilai basil belajar matematika siswa semester II dan pengisian angket unruk memperoleh data motivasi berprestasi siswa dan minat belajar siswa. Sedangkan untuk menguji hipotesis menggunakan teknik korelasi sperman rank dan koefisien korkondansi rank kendall untuk menganalisis data. Berdasarkan analisis data, penelitian ini memberikan kesimpulan. Terdapat hubungan signifikan antara tingkat kecerdasan (IQ) dengan basil belajar matematika siswa dengan nilai r hitung = 0,886, terdapat hubungan signifikan antara motivasi berprestasi dengan basil belajar matematika siswa dengan nilai rhitung = 0,536, terdapat hubungan signifikan antara minat belajar dengan basil belajar matematika siswa dengan nilai rhirung = 0,899, dan terdapat hubungan signifikan antara tingkat kecerdasan (IQ), motivasi berprestasi, dan minat belajar terhadap hasil belajar
matematika siswa rhitung = 0, 964.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azmi, Qonitah RofiahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kecerdasan
Motivasi Belajar
Minat Siswa
Pendidikan > Hasil Belajar
Uncontrolled Keywords: Tingkat kecerdasan (IQ); motivasi berprestasi, dan minat belajar; hasil belajar matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 12 Oct 2018 08:05
Last Modified: 12 Oct 2018 08:05
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28129

Actions (login required)

View Item View Item