Penerapan pembelajaran menggunakan Metode Kisi-Kisi (Lattice Method) dengan Model Pembelajaran Langsung pada pokok bahasan Perkalian untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas V Minu Waru II

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kusumawati, Ari Dya Ayu (2010) Penerapan pembelajaran menggunakan Metode Kisi-Kisi (Lattice Method) dengan Model Pembelajaran Langsung pada pokok bahasan Perkalian untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas V Minu Waru II. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Ari Dya Ayu Kusumawati_D34206015.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Banyak yang beranggapan bahwa pelajaran matematika merupakan pelajaran yang sulit, bahkan yang lebih parah ada beberapa siswa sekolah dasar yang masih rendah kemampuan berhitungnya sehingga menimbulkan hasil belajar yang kurang baik. Kesulitan dan kelemahan belajar yang dialami siswa dapat berasal dari guru, karena metode yang digunakan tidak bervariasi, sehingga siswa kurang semangat untuk belajar. Pembelajaran dengan metode kisi-kisi dengan model pembelajaran langsung menjadi altematif pola pengajaran matematika yang lebih aktif dan menyenangkan, karena pembelajaran ini sangat efektif untuk siswa akan gemar menyelesaikan masalah-masalah yang didasarkan atas pengalamannya sendiri karena siswa dituntut mengejakan sesuatu dengan kemampuannya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : (i). Aktivitas siswa selama pembelajaran dengan menggunakan metode kisi-kisi dengan pembelajaran langsung, (ii). Kemampuan guru dalam pembelajaran dengan menggunakan metode kisi-kisi dengan pembelajaran langsung, (iii). Respon siswa setelah pembelajaran dengan menggunakan metode kisi-kisi dengan pembelajaran langsung, dan (iv). Hasil belajar siswa setelah diterapkan pembelajaran dengan menggunakan metode kisi-kisi dengan pembelajaran langsung. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V MINU WARU II. Rancangan penelitian yang digunakan adalah "Pretes-Postes Satu Kelompok (One Group Pretes­ Postes Design)", dengan jumlah siswa sebanyak 30 siswa. Untuk memperoleh data aktivitas siswa dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dilakukan pengamatan dengan menggunakan instrumen lembar pengamatan, data respon siswa diperoleh dengan memberikan lembar angket respon siswa yang telah diisi, dan data basil belajar siswa diperoleh dari tes awal (pretes) dan tes akhir (postes). Berdasarkan analisi data penelitian ini memberikan kesimpulan : (i). Aktivitas siswa efektif dilihat dari jumlah prosentase aktivitas aktif siswa lebih besar dibandingkan jumlah prosentase aktivitas pasif siswa. (ii). Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dikatakan baik dengan nilai rata-rata keseluruhan 3,31. (iii). Respon siswa dikatakan positif dengan rata-rata pendapat siswa senang, baru, berminat, serta pendapat siswa yang menyatakan metode ini membantu lebih besar dari 80%. (iv). Hasil belajar siswa diperoleh thitung = -7,23 dengan taraf nyata sebesar 5% maka harga t,aheI = 2,045 .Temyata thitungl-1•231 < t,aheil-2•0451 berarti tidak ada peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan metode kisi-kisi dengan model pembelajaran langsung.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kusumawati, Ari Dya Ayu--UNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Metode Kisi-Kisi (lattice method); Model Pembelajaran Langsung; Hasil Belajar Siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 12 Oct 2018 07:37
Last Modified: 12 Oct 2018 07:37
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28128

Actions (login required)

View Item View Item