Efektifitas penggunaan metode operant dalam peningkatan hasil belajar siswa pada bidang studi PAI di SMK Negeri 1 Gempol

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Magfiroh, Sulsi Lailil (2009) Efektifitas penggunaan metode operant dalam peningkatan hasil belajar siswa pada bidang studi PAI di SMK Negeri 1 Gempol. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sulsi Lailil Magfiroh_D31205020.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleb masih rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Hal ini disebabkan pembelajaran PAI yang dilaksanakan di sekolah-sekolah masib berjalan secara konvensional yakni pembelajaran yang menerapkan guru sebagai pemberi informasi dan kurang memberikan kesempatan pada siswa untuk berpartisipasi. Peran aktif siswa didalam kelas diperlukan agar proses belajar mengajar dapat berhasil dengan baik. Salah satu altematif yang dapat ditempuh untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan metode operant atau metode pengendalian diri dalam belajar oleh siswa. Melalui metode ini tingkah laku siswa yang merugikan didalam belajar akan dihilangkan serta membentuk tingkah laku yang diharapkan dapat meningkatkan basil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Gempol Pasuruan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah semua siswa sedangkan pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik yaitu purposive sampling atau sampel tujuan. Metode yang digunakan penulis dalam pengumpulan data adalah metode observasi, test, interview dan dokumentasi, selanjutnya data yang diperoleb dianalisis secara deskriptif dan dianalisis dengan uji-t. Berdasarkan analisis data yang diperoleh dapat digambarkan bahwa kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran dengan metode operant pada bab pengelolaan Infak, Zakat, Haji dan Wakafbidang studi PAI di SMK Negeri I Gempol cukup baik, Ketuntasan belajar siswa secara klasikal dapat tercapai yaitu sebesar 86%. Berdasarkan kriteria ketuntasan belajar maka pembelajaran metode operant pada pokok babasan pengelolaan Infak, Zakat, Haji dan Wakaf tennasuk dalam kriteria tuntas. Berdasarkan hasil analisis uji-t menunjukkan bahwa efektifitas penggunaan metode operant dalam peningkatan basil belajar siswa pada bidang studi PAI yang mana bal ini dapat dibuktikan dengan hasil perbitungan h0 = -8,404 karena to lebib besar daripada tt yaitu 2,03<8,404>2,72 jadi dapat dikatakan semakin efektif penggunaan metode operant pada bidang studi PAI semakin baik pula hasil belajar siswa. Untuk itu dari hasil penelitian yang ada, maka bagi pihak sekolah baik SMK Negeri I Gempol maupun instansi pendidikan Iainnya untuk Iebib meningkatkan basil belajar siswa dengan metode yang tepat guna seperti metode operant.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Magfiroh, Sulsi LaililUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Metode operant; peningkatan hasil belajar; studi PAI
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 12 Oct 2018 06:46
Last Modified: 12 Oct 2018 06:46
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28125

Actions (login required)

View Item View Item