Meningkatkan hasil belajar Matematika siswa melalui model pembelajaran Learning Cycle "5E" dengan bantuan LKS Terstruktur pada materi Segi Empat di Kelas VII SMPN 4 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Perdana, Dina Amalia (2010) Meningkatkan hasil belajar Matematika siswa melalui model pembelajaran Learning Cycle "5E" dengan bantuan LKS Terstruktur pada materi Segi Empat di Kelas VII SMPN 4 Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Dina Amalia Perdana_D04206035.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan salah satu ilmu dasar yang mempunyai peranan penting dalam upaya penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Salah satu tujuan pembelajaran matematika adalah siswa dapat menerapkan matematika untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam mempelajari berbagai ilmu pengetahuan. Untuk itu, guru harus berupaya memelihara dan mengembangkan minat siswanya terhadap pembelajaran matematika dengan metode yang bervariasi. Namun, pada kenyataannya pembelajaran matematika yang terjadi pada saat ini masih bersifat teacher centered, yaitu guru masih mendominasi kegiatan pembelajaran. Dominasi guru ini menyebabkan siswa kurang berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran, sehingga hasil belajar matematika siswa pun rendah. Oleh karena itu, perlu dikembangkan dan diterapkan suatu pembelajaran matematika yang tidak hanya berpusat pada guru, akan tetapi menciptakan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Salah satu model pembelajaran yang berpusat pada siswa adalah siklus belajar (learning cycle) "5E". Siklus belajar merupakan tahap-tahap kegiatan (fase) yang diorganisasikan sedemikian rupa sehingga siswa dapat meningkatkan hasil belajar matematika dengan cara berperan aktif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan secara kolaborasi dengan guru matematika kelas VIl-B SMPN 4 Surabaya. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-B SMPN 4 Surabaya tahun ajaran 2009-2010 sebanyak 37 siswa Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, metode tes, dan angket. Metode observasi digunakan untuk mengetahui kemampuan guru dan aksivitas siswa, metode tes digunakan untuk mengetahui tingkat ketuntasan hasil belajar siswa, dan metode angket digunakan untuk mengetahui respon siswa. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif. Setelah data penelitian dianalisis secara deskriptif, maka diperoleh hasil sebagai berikut: 1) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dikategorikan baik dengan rerata 3,06, 2) aktivitas siswa yang paling dominan adalah mengerjakan LKS dengan rerata 17,71%, 3) ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus pertama sebesar 62, 16% dan meningkat pada siklus kedua mencapai 89, 19%, sedangkan nilai rata-rata kelas pada siklus pertama 69,24 dan meningkat pada siklus kedua menjadi 85,49, 4) siswa memberikan respon positif terhadap model pembelajaran learning cycle 5E dengan bantuan LKS terstruktur (70% lebih siswa merespon dalam kategori positit).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Perdana, Dina Amalia--UNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Siklus belajar; learning cycle; 5E
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 12 Oct 2018 03:26
Last Modified: 12 Oct 2018 03:26
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28123

Actions (login required)

View Item View Item