Studi korelasi pembelajaran PKB (Peningkatan Kemampuan Berpikir) terhadap pemahaman siswa pada materi pendidikan agama Islam di SMA Negeri I Taman-Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rusmiati, Siti (2009) Studi korelasi pembelajaran PKB (Peningkatan Kemampuan Berpikir) terhadap pemahaman siswa pada materi pendidikan agama Islam di SMA Negeri I Taman-Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Siti Rusmiati_D01304137.pdf

Download (769kB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran PKB (Peningkatan Kemampuan Berpikir) adalah model pembelajaran yang bertumpu pada pengembangan kemampuan berpikir siswa melalui telaah fakta-fakta atau pengalaman anak sebagai bahan untuk memecahkan masalah yang diajukan. Hal ini berdasarkan bahwa kemampuan kognitif sangat penting dalam mengontrol ranah afektif dan psikomotorik. Oleh karena itu, dalam model pembelajaran PKB (Peningkatan Kemampuan Berpikir) ranah kognitif lebih ditekankan dalam proses pembelajaranya untuk memahami dan mengbayati materi-materi Pendidikan Agama Islam yang diajarkan guru agama serta menumbuhkan sikap kritis dan kreatif dalam diri siswa terhadap fenomena-fenomena yang terjadi di lingkungan sekitamya. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah : 1. Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan model pembelajaran PKB (Peningkatan Kemampuan Berpikir) pada materi PendidikanAgama Islam. 2. Untuk mengetahui bagaimana pemahaman siswa pada materi Pendidikan Agama Islam. 3. Untuk mengetahui bagaimana korelasi model pembelajaran PKB (Peningkatan Kemampuan Berpikir) terhadap pemahaman siswa pada materi Pendidikan Agama Islam. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif sehingga data yang digunakan adalah data kuantitatif. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan random acak yaitu sample siswa kelas XI IPA 4 yang berjumlah 40 siswa. Metode yang dipakai dalam pengumpulan data diantaranya adalah observasi, interview, angket serta dokumentasi. Setelah itu, dianlisis dengan teknik prosentase dan product moment dan basil yang didapatkan adalah sebagai berikut : 1. Bahwa pelaksamum model pembelajaran PKB (Peningkatan Kemampuan Berpikir) pada proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah tergolong bailc, yakni melihat basil nilai pelaksanaan model pembelajaran PKB (Peningkatan Kemampuan Berpikir) yaitu senilai 76 %. 2. Bahwa pemahaman materi Pendidikan Agama Islam siswa adalah tergolong cukup atau sedang yakni dengan melihat basil nilai 74,5 %. 3. Bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara model pembelajaran PKB (Peningkatan Kemampuan Berpikir) tetbadap pemahaman siswa pada materi Pendidikan Agama Islam yakni dengan melihat basil dari rumus product moment yaitu 0,9076 yang telah dikonsultmikan dengan r tabel. Adapun saran penulis adalah hendalmya para guru lebih memaksjmalkan penerapan pelaksamum model pembelajaran PKB (Peningkatan Kemampuan Berpikir) ini agar dapat tercapai tujuan yang diinginkan yaitu mencetak generasi siswa yang mampu berpikir kritis dan kreatif dalam setiap kehidupannya dan bagi siswa hendaknya lebih bersikap mendukung terhadap adanya model pembelajaran PKB (Peningkatan Kemampuan berpikir) yang diterapkan pada materi Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk menjadi tempat latihan berpikir kritis dan kreatif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rusmiati, SitiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran; PKB (Peningkatan Kemampuan Berpikir); pendidikan agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Oct 2018 03:05
Last Modified: 11 Oct 2018 03:44
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28114

Actions (login required)

View Item View Item