Pengaruh profesionalisme guru dan kecerdasan majemuk siswa terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa MI di Kecamatan Menganti Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rudianto, Rahmat (2018) Pengaruh profesionalisme guru dan kecerdasan majemuk siswa terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa MI di Kecamatan Menganti Gresik. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rahmat Rudianto_F02A16211.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya guru madrasah ibtidaiyah di kecamatan menganti yang tidak linear latar pendidikannya. Hal ini menyebabkan kekhawatiran bahwa profesionaliseme guru MI di kecamatan Menganti akan rendah yang akan mempengaruhi motivasi belajar siswa dan pada akhirnya mempengaruhi prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) Profesionalisme guru MI di Kecamatan Menganti 2) Kecerdasan majemuk siswa MI di Kecamatan Menganti 3) Motivasi belajar siswa MI di Kecamatan Menganti 4) Prestasi belajar siswa MI di Kecamatan Menganti 5) Pengaruh profesionalisme guru dan kecerdasan majemuk siswa terhadap motivasi belajar siswa MI di Kecamatan Menganti dan 6) Pengaruh profesionalisme guru dan kecerdasan majemuk siswa terhadap prestasi belajar siswa MI di Kecamatan Menganti. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi yang dikumpulkan dari empat puluh guru dan siswa yang tersebar di tujuh Madrasah Ibtidaiyah. Validitas instrumen angket dilakukan dengan analisis butir menggunakan rumus korelasi kontigensi, untuk uji reabilitas menggunakan rumus alpha dan untuk uji normalitas menggunakan metode Kolmogorov-Smirnov adapun untuk pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linear berganda dummy yang sebelumnya dilakukan uji multikolinearitas, uji heterodaksitas dan uji autokorelasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa profesionalisme guru untuk kompetensi pedagogik berada pada kategori Cukup, kompetensi kepribadian, sosial dan profesional berada pada kategori Baik. Untuk kecerdasan majemuk siswa diketahui bahwa tipe Bahasa sebesar sebanyak 8 siswa, kecerdasan interpersonal 4 siswa, kecerdasan Kinestetik 5 siswa, kecerdasan Matematika-Logika 9 siswa, Kecerdasan Musik sebanyak 6 siswa dan kecerdasan Visual-Spasial sebanyak 8 siswa. Sedangkan rata-rata motivasi belajar siswa sebesar 57,63 (72,03%) sehingga termasuk dalam kategori Baik. Dan rata-rata nilai prestasi belajar siswa MI semester Gasal tersebut sebesar 78,25. Berdasarkan uji hipotesis dapat diketahui bahwa dengan menggunakan taraf signifikan sebesar α=5%, maka dapat disimpulkan Ho1 ditolak yang artinya bahwa ada pengaruh yang signifikan antara profesionalisme guru dan kecerdasan majemuk terhadap motivasi belajar siswa MI di Kecamatan Menganti. Untuk hipotesis yang kedua juga dapat disimpulkan bahwa Ho2 ditolak yang artinya bahwa ada pengaruh yang signifikan antara profesionalisme guru dan kecerdasan majemuk terhadap prestasi belajar siswa MI di Kecamatan Menganti.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rudianto, RahmatUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Kualitas Guru
Pendidikan > Profesionalisme Guru
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Uncontrolled Keywords: Profesionalisme Guru; Kecerdasan Majemuk; Prestasi Belajar; Motivasi Belajar
Divisions: Program Magister > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rudianto Rahmat
Date Deposited: 10 Jan 2019 03:44
Last Modified: 10 Jan 2019 03:44
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28113

Actions (login required)

View Item View Item