Etika sosial dalam perspektif Muhammad Iqbal

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosyidi, Anang Ahyar (2009) Etika sosial dalam perspektif Muhammad Iqbal. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anang Ahyar Rosyidi_E01302026.pdf

Download (2MB)

Abstract

Etika adalah suatu yang berhubungan dengan seluruh pengetahuan tentang manusia dan masyarakat baik sebagai antropologi, sosiologi, psikologi dan ekonomi. Etika sebagai ilmu melanjutkan kecenderungan kita dalam kehidupan sehari-hari. Merefleksikan tingkah laku manusia dari sudut norma-norma yang baik atau baik buruk, tentang apa yang baik. dilakukan oleh manusia dan tentang apa yang buruk yang seharusnya dihindari oleh manusia Sedangkan etika sosial menurut pemikiran Muhammad Iqbal tentang ego atau yang biasa disebut "khudi" yang mempunyai arti diri atau pribadi. Etika sosial menurut Muhammad Iqbal merupakan suatu yang berkenaan dengan diri pribadi/ diri sendiri. Diri merupakan realita yang benar-benar nyata dan keberadaannya terletak pada hakikatnya sendiri, sehingga manusia menurut M. lqbal adalah makhluk yang bebas, yang tidak memungkinkan suatu individu memikul tanggung jawab individu yang lainya. Kemudian tentang tuhan, tuhan sebagai cermin yang melalui dirinya wujudnya lebih utuh, manusia melaksanakan kehendak tuhan yang segala tindakan agung dilakukan manusia adalah bentuk kontemplasi tertinggi, mengetahui bahwa tuhan adalah mengetaui dirinya dalam dunia yang tuhan ciptakan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosyidi, Anang AhyarUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Etika
Keywords: Etika Sosial; Mohammad Iqbal
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 09 Oct 2018 04:02
Last Modified: 09 Oct 2018 04:02
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28098

Actions (login required)

View Item View Item