Tinjauan hukum Islam terhadap kriteria memilih calon menantu di kalangan warga Muhammadiyah Kelurahan Semolowaru Kecamatan Sukolilo Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahman, Arief (2010) Tinjauan hukum Islam terhadap kriteria memilih calon menantu di kalangan warga Muhammadiyah Kelurahan Semolowaru Kecamatan Sukolilo Kota Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Arief Rahman_C01205087.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan tentang, 1) bagaimanakah kriteria memilih calon menantu di kalangan warga Muhammadiyah Kelurahan Semolowaru Kecamatan Sukolilo Kota Surabaya? 2) bagaimanakah tinjauan hukum Islam terhadap kriteria memilih calon menantu di kalangan warga Muhammadiyah Kelurahan Semolowaru Kecamatan Sukolilo Kota Surabaya? Data penelitian dihimpun dengan menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan angket (questionary) yang disebarkan pada orang tua anggota Muhammadiyah Kelurahan Semolowaru Kecamatan Sukolilo Kota Surabaya. Penelitian ini bersifat kualitatif yang menghasilkan data dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif analisis dan metode verifikatif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa mayoritas orang tua warga Muhammadiyah Kelurahan Semolowaru Kecamatan Sukolilo Kota Surabaya dalam menentukan kriteria memilih calon menantu lebih mengutamakan pada harta clan keturunan yang tidak diprioritaskan ajaran agama Islam. Anjuran ajaran agama Islam dalam kriteria memilih jodoh yang diutamakan adalah agama atau iman yang kuat agar dapat terbentuknya keluarga yang bahagia. Sebaliknya, kriteria memilih jodoh karena mengutamakan pada harta dan keturunan akan mendapatkan kehinaan dan kenistaan. Berdasarkan kesimpulan di atas, maka kepada para orang tua warga Muhammadiyah Kelurahan Semolowaru Kecamatan Sukolilo Kota Surabaya harus bisa berubah dan memahami kriteria memilih jodoh yang dianjurkan oleh ajaran Islam agar tidak terjadi hal-hal yang mengganggu ketentraman dan kelestarian keluarga setelah perkawinan. Kemudian juga hendaknya para orang tua dalam memilihkan jodoh untuk anaknya dengan pertimbangan karena agama dan iman yang kuat agar dapat terwujudnya suatu keluarga yang sakinah, mawaddah, warahmah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahman, AriefUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Muhammadiyah
Nikah > Meminang
Uncontrolled Keywords: Hukum Islam; kriteria memilih calon menantu; warga Muhammadiyah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Arsip Syariah
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 09 Oct 2018 03:01
Last Modified: 09 Oct 2018 03:01
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28096

Actions (login required)

View Item View Item