Mitos larangan makan di depan pintu prspektif Hermeneutika: studi kasus Desa Mojosari Kecamatan Kepohbaru Kabupaten Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nasir, Afif Ainun (2017) Mitos larangan makan di depan pintu prspektif Hermeneutika: studi kasus Desa Mojosari Kecamatan Kepohbaru Kabupaten Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Afif Ainun Nasir_E01212016.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Mitos termasuk salah-satu kepercayaan yang di ikuti oleh masyarakat jawa pada umumnya, jenis mitos yang ada di jawa sangat banyak ragamnya, salah satunya adalah Larangan Makan Di Depan Pintu, adalah suatu tradisi yang muncul dari dulu hingga sekarang yang masih di percaya oleh masyarakat jawa, terutama di Desa Mojosari Kecamatan Kepohbaru Kabupaten Bojonegoro. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui Larangan Makan Di Depan Pintu termasuk salah-satu mitus atau tidak dan bagamana makna yang terkandung dalam Larangan Makan Di Depan Pintu. Skripsi ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bertempat di Desa Mojosari Kecamatan Kepohbaru Kabupaten Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif secara lisan maupun tulisan tentang orang-orang dan prilaku yang diamati. Dari penelitian ini, penulis menemukan bahwa Larangan Makan Di Depan Pintu adalah sebuah “mitos” yang mana mitos tersebut dipercayai oleh masyarakat di Desa Mojosari Kecamatan Kepohbaru Kabupaten Bojonegoro, kepercayaan terhadap mitos larangan makan di depan pintu, masih terus bertahan dari dahulu hingga sekarang. Larangan makan di depan pintu, jika dikaji menggunakan hermeneutika, akan memunculkan makna yang terkandung dalam Larangan Makan Di Depan Pintu. Karena hermeneutika adah disiplin ilmu yang mengkaji tentang cara memberikan makna pada teks. Maka makna yang terkandung dalam larangan makan di depan pintu adalah suatu metode yang digunakan untuk mendidik seseorang supaya baik perilakunya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nasir, Afif Ainunmasapip034@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Filsafat
Kebudayaan
Pendidikan
Keywords: Hermeneutika; Mitos; Larangan Makan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Nasir Afif Ainun
Date Deposited: 26 Oct 2018 06:41
Last Modified: 26 Oct 2018 06:41
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28078

Actions (login required)

View Item View Item