Studi analisis hukum Islam terhadap pelaksanaan Zakat Perniagaan yang ada di Desa Duduksampeyan Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rozaq, Abdur (2010) Studi analisis hukum Islam terhadap pelaksanaan Zakat Perniagaan yang ada di Desa Duduksampeyan Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Abdur Rozaq_C11303036.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana pelaksanaan zakat barang niaga yang dilakukan oleh pedagang di pasar Duduksampeyan? 2) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap pelaksanaan zakat peniagaan di pasar Duduksampeyan? Penelitian ini hasil penelitian lapangan (Field Reseacrh) dengan menggunakan metode analisis induktif, yaitu dipergunakan tmtuk mengemukakan data-data atau kenyat ann-kenyataan dari basil penelitian yaitu tentang pelaksanaan zakat perniagaan secara khusus kemudian ditarik keslmpulan yang bersifat umum, yaitu pandangan hukum Islam tentang pelaksanaan zakat pem.iagaan di desa Duduksampeyan kecamatan Duduksampeyan kebupaten Gresik oleh para pedagang. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwasannya zakat pemiagaan di desa Dudampeyan para pedagang dalam mengeluarkan zakatnya ada yang kurang dari 2,5% dari penghasilan bersih selama satu tahun, dalam ketentuan syari'at Islam zakat perdagangan kadar zakatnya adalah 2,5% dari penghasilan bersih selama satu tahun. Pelaksanaan dan analisis hukwn Islam dari segi sasaran dan pendistribusiannya sudah sesuai dengan yang ditetapkan hukum Islam yaitu mustahiq disini adalah fakir, miskin, sabilillah dan anak yatim, dari segi besarnya zakat yang dilakukan oleh para pedagang masih ada yang belum sesuai dengan ketentuan syari'at, oleh karena itu kita dapat menetapkan sasar pendistribusian dan besarnya zakat yang dikeluarkan zakat perniagaan dengan landasan al-Qur'an sebagai swnber utama dalam menetapkan hulrum Islam, dan menjadikan sebagai motivasi pada wajib zakat, bahwasannya semua harta adalah amanat Allah SWT. dengan demikian hndaknya di tasarrufkan di jalan yang benar sesuai dengan koridor hukum yang tel ah ditetapkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rozaq, Abdur--UNSPECIFIED
Subjects: Zakat
Uncontrolled Keywords: Hukum Islam; Zakat Perniagaan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 05 Oct 2018 08:48
Last Modified: 12 Nov 2018 02:21
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28075

Actions (login required)

View Item View Item