Strategi guru dan faktor-faktor yang mempengaruhinya dalam peningkatan mutu pembelajaran di Sekolah Dasar lbrahimy Sukorejo Situbondo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Supriyadi, Supriyadi (2009) Strategi guru dan faktor-faktor yang mempengaruhinya dalam peningkatan mutu pembelajaran di Sekolah Dasar lbrahimy Sukorejo Situbondo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Supriyadi_D51206236.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penulisan skripsi dengan judul sebagaimana disebutkan di atas memiliki fokus penelitian pada strategi pendidik dalam meningkatkan mutu pembelajaran siswa serta faktor-faktor yang mempengaruhinya yang dalam penyusunannya kami menggunakan metode penelitian kualitatif dan teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi yang pada utamanya tetap pada strategi guru sebagai motivasi dan aktor utama dalam meningkatkan pembelajaran siswa. Siswa yang ada di SD Ibrahimy berjumlah 284 siswa dengan rombongan kelas 12. Jumlah siswa sesuai/seimbang dengan besamya kelas yang ada sehingga pembelajaran dapat berjalan maksimal. Maka dari itu, guru dituntut untuk lebih pintar dalam mengatur strateginya dan juga hams menggunakan bermacam metode agar pembelajaran lebih efektif dan terarah. Dari uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa setiap penyajian yang disampaikan membutuhkan metode dan strategi dalam menghadapi lingkungan untuk meningkatkan pembelajaran siswa serta guru dituntut untuk memahami kondisi kejiwaan siswa dalam mengembangkan kemampuan mereka untukmenyongsong masa depan yang lebih baik. Dari hasil penelitian yang dilakukan, strategi guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SD lbrahimy pada tahun pelajaran 2008-2009 adalah melalui strategi guru dalam kegiatan pembelajaran, pendekatan pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, variasi mengajar serta pengelolaan kelas. Selain itu, faktor­faktor yang mempengaruhi dalam pembelajaran meliputi guru, siswa, sarana dan prasarana serta Iingkungan/kedisiplinan. Sarana utamanya selain siswa sebagai pelajar juga guru sebagai orang yang berinteraksi langsung dengan siswa. Maka dari itu, strategi yang dilakukan oleh guru harus benar-benar maksimal. Bagian akhir dari skripsi ini adalah Bab VI yang berisi kesimpulan dari hasil penelitian, saran-saran yang diperlukan dan penutup.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Supriyadi, Supriyadi--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru; Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya; Sekolah Dasar lbrahimy Sukorejo Situbondo
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 04 Oct 2018 04:00
Last Modified: 04 Oct 2018 04:00
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28061

Actions (login required)

View Item View Item