Analisis soal Ujian Akhir Semester (UAS) mata pelajaran Matematika menggunakan Taksonomi Bloom Ranah Kognitif di SMAN 2 Kota Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fadhilah, Fitriani Nur (2011) Analisis soal Ujian Akhir Semester (UAS) mata pelajaran Matematika menggunakan Taksonomi Bloom Ranah Kognitif di SMAN 2 Kota Mojokerto. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Fitriani Nur Fadhilah_D04206027.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28053

Abstract

Pembelajaran merupakan serangkaian proses belajar yang memiliki tiga komponen, yakni: tujun pembelajaran, kegiatan belajar mengajar, clan evaluasi. Ketiga komponen itu merupakan satu kesatuan yang saling menopang dan karena itu tidak dapat dipisahkan. Sebagai salah satu komponen proses dalam pembelajaran, evaluasi dinilai memiliki kedudukan sangat penting. Hal ini disebabkan evaluasi dapat menjadi tolok ukur berhasil tidaknya murid dan guru dalam proses pembelajaran. Evaluasi diberikan secara berkala seperti ulangan harian, ujian tengah semester (UTS), ujian akhir semester (UAS), clan lain sebagainya. Pemberian tes pada siswa harus sesuai tujuan pembelajaran. Bentuk soal yang baik adalah soal yang sesuai dengan taksonomi Bloom agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan maksimal. Taksonomi Bloom terbagi menjadi tiga ranah yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik. Dalam skripsi ini penulis hanya membahas tentang ranah kognitif saja, pembatasan ini diambil karena pada pelajaran matematika yang lebih dominan adalah ranah kognitif. Peneliti telah menganalisis kategori tingkatan taksonomi Bloom pada soal UAS yang dibuat oleh guru. Soal yang dianalisis berjumlah 40 soal yang terdiri dari 35 soal pilihan ganda dan 5 soal isian. Soal dianalisis sesuai dengan tujuan penelitian yang ditentukan. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa prosentase hasil analisis peneliti pada level pengetahuan (Cl) ada 0 %, level pemahaman (C2) ada 0 %, level penerapan (C3) ada 22,5 %, level analisis (C4) ada 70 %, level sintesis (C5) ada 7,5%, dan pada level evaluasi ada 0 %.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fadhilah, Fitriani Nur--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Evaluasi
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Taksonomi Bloom; soal UAS
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 03 Oct 2018 03:49
Last Modified: 03 Oct 2018 03:49
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28053

Actions (login required)

View Item View Item