Pengaruh religiusitas orang tua terhadap motivasi belajar anak: studi kasus di Mts PGRI Desa Kendit Kecamatan Kendit Situbondo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mustafidah, Tutik (2011) Pengaruh religiusitas orang tua terhadap motivasi belajar anak: studi kasus di Mts PGRI Desa Kendit Kecamatan Kendit Situbondo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Tutik Mustafidah_D01207233.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Orang tua sebagai pendidik pertama dan utama bagi anak-anaknya. Dengan keteladanan orang tua akan mempunyai pengaruh wibawa dan disegani di tengah-tengah keluarganya sehingga terwujudlah keluarga yang sakinah dihiasi dengan dzurriyah thoyyibah (keturunan yang baik dan berkualitas) yang menjadi dambaan semua manusia. Disamping dari keinginan penulis juga dengan adanya mayoritas masyaralrntnya yang religius,penulis memilih melakukan penelitian di Situbondo. Ada tiga masalah yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu (1) bagaimana religiusitas orang tua siswa di situbondo? (2) bagaimana motivasi belajar PAI siswa di MTs PGRI Zainul Fauzi Situbondo? (3) bagaimana pengaruh religiusitas orang tua terhadap motivasi belajar siswa di MTs PGRI Zainul Fauzi Situbondo? Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Untuk menentukan seberapa besar pengaruh variabel X terhadap variabel Y, peneliti menggunakan rumus regresi linear sederhana. Dari Hasil penelitian. 1. Bahwa religiusitas orang tua tergolong tinggi. Hal ini terbukti berdasarkan analisis melalui prosentase diperoleh 92% persen dan. Nilai tersebut jika dikonsultasikan dengan kriteria yang berkisar antara 86-95% yang berarti tinggi. 2. Bahwa motivasi belajar PAI siswa di MTs PGRI Zainul Fauzi Situbondo tergolong cukup baik. Hal ini terbukti berdasarkan analisis melalui prosentase diperoleh 91% persen dan nilai tersebut jika dikonsultasikan dengan kriteria yang berkisar antara 86-95% yang berarti tinggi. 3.Dari persamaan regresi linear diperoleh Y = 6.9 + 0.17X menunjukkan bahwa bila nilai religiusitas orang tua ditingkatkan 1, maka nilai motivasi belajar siswa akan bertambah 0, 17, atau setiap nilai kualitas variable X (religiusitas orang tua) bertambah 10 maka nilai variable Y (motivasi belajar siswa) akan bertambah sebesar 1,7. Kemudian dari pengujian product moment diperoJeh r hitung sebesar 0,765. Angka ini lebih besar dari harga r tabel dengan n 62 baik untuk taraf kesalahan 1% maupun 5% (0.504 > 0.765 > 0.316), maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak dengan bunyi terdapat pengaruh religiusitas orang tua terhadap motivasi belajar PAI siswa di MTs PGRI Zainul Fauzi Situbondo. Hasil perhitungan r sebesar 0,765 setelah dikonsultasikan dengan tabel interpretasi korelasi diperoleh hubungan dalam tingkat yang tinggi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mustafidah, TutikUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Motivasi Belajar
Pendidikan Islam
Orang tua dan Anak
Uncontrolled Keywords: Religiusitas orang tua; motivasi belajar; PAI
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 03 Oct 2018 01:48
Last Modified: 03 Oct 2018 01:48
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28049

Actions (login required)

View Item View Item