Pengembangan model Penilaian Proyek dan Investigasi dalam pembelajaran Matematika pada materi Tabung dan Kerucut di SMP Negeri 3 Krian

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmawati, Yuliana Tri (2011) Pengembangan model Penilaian Proyek dan Investigasi dalam pembelajaran Matematika pada materi Tabung dan Kerucut di SMP Negeri 3 Krian. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Yuliana Tri Rahmawati_D04206038.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam dunia pendidikan saat ini, seluruh sekolah-sekolah di Indonesia sudah diberlakukan kurikulum baru yaitu KTSP. Dengan diterapkannya KTSP diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan salah satu faktor yang penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan adalah penilaian. Penilaian dapat mengkomunikasikan apa yang diharapkan dan apa yang dicapai dalam kegiatan pembelajaran. Terdapat beberapa penilaian pembelajaran, salah satunya adalah penilaian proyek dan investigasi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan penilaian proyek dan investigasi yang dapat digunakan untuk menunjang kegiatan pembelajaran yang disesuaikan dengan modifikasi model pengembangan menurut Thiagarajan. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan rancangan model pengembangan Thiagrajan yang terdiri dari 4 tahap yaitu pendefinisian (De.fine), perancangan (Design), pengembangan (Develop) dan penyebaran (Disseminate ). Akan tetapi penelitian ini dilaksanakan hanya sampai pada tahap pengembangan (Develop) saja dinakan keterbatasan waktu yang dimiliki. Penilaian proyek dn investigasi ini yang dikembangkan meliputi tugas investigasi, latihan pemantapan clan kartu penilaian. Penelitian pengembangan ini dikatakan baik jika penilaian proyek dan investigasi yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Hasil deskriptif dari data penelitian diperoleh sebagai berikut: kevalidan penilaian proyek dan investigasi berkategori valid (3,17), kevalidan kartu penilaian (3,08). Masing-masing dinilai praktis oleh para praktisi/para ahli, respon siswa (85% atau lebih siswa tiap aspek merespon sangat positit), respon guru (85% atau lebih guru pada tiap aspek merespon sangat positif) dan basil belajar siswa memenuhi batas ketuntasan (100%).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmawati, Yuliana Tri--UNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Matematika
Uncontrolled Keywords: Penilaian; proyek; investigasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 02 Oct 2018 04:00
Last Modified: 02 Oct 2018 04:00
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28044

Actions (login required)

View Item View Item