Analisis kesalahan siswa Kelas VIII MTs. Roudlotut Tholibin Kombangan Geger Bangkalan dalam menyelesaikan soal cerita sub materi pokok Keliling dan Luas Lingkaran

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rokibatuyyanah, Rokibatuyyanah (2011) Analisis kesalahan siswa Kelas VIII MTs. Roudlotut Tholibin Kombangan Geger Bangkalan dalam menyelesaikan soal cerita sub materi pokok Keliling dan Luas Lingkaran. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rokibatuyyanah_D34206005.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tingkat kesulitan soal cerita berbeda dengan tingkat kesulitan soal bentuk hitWlgan yang dapat dilakukan komputasinya. Oleh karena itu, dalam menyclesaikan soal cerita banyak siswa yang mengalami kesulitan sehingga siswa sering melakukan kesalahan. Dengan demikian, kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita merupakan hal utama yang harus diperhatikan oleh guru dan diperlukan suatu analisis yang dapat mengukur seberapa besar kesalahan yang dilakukan oleh siswa dan kemungkinan faktor-faktor penyebab kesalahan siswa tersebut. Penelitian yang digalakan adalah penelitian deskriptif-kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal dalam bentuk cerita pada sub materi pokok keliling dan luas lingkaran, yang ditinjau dari letak kesalahan, jenis kesalahan serta faktor penyebab siswa melakukan k.esalahan. Adapwi yang menjadi subyek dalam penelitian ini adalah siswa kels VIII MTs Roudlotut Tholibin Kombangan Geger Bangkalan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara dan tes. Tes diberikan k.epada siswa untuk mengetahui letak dan jenis kesalahan yang dilakukan siswa Metode wawancara digunakan untuk mengetahui faktor penyebab kesalahan yang dilakukan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa banyak siswa yang melakukan kesalahan-kesalahan, diantaranya ditinjau berdasarkan letak kesalahan yaitu k.esalahan dalam memahami soal, kesalahan dalam merencanak.an penyelesaian, kesalahan dalam melaksanakan rencana penyelesaian soal dan k.esalahan dalam mengecek. k.embali,adapun letak kesalahan yang paling banyak dilakukan siswa adalah k.esalahan dalam memahami soal dan merencanakan penyelesaian soal. Adapun berdasarkan jenis k.esalahan yang dilakukan siswa yaitu meliputi: kesalahan prinsip, kesalahan konsep maupun kesalahan operasi. Jenis kesalahan yang banyak dilakukan siswa adalah kesalahan konsep dan prinsip. Untuk mengatasi bentuk kesalahan yang sering dilakukan siswa, maka guru diharapkan dapat mencari alternatif pembelajaran yang sesuai dengan materi yang diajarkan sehingga pembelajaran matematika yang dilakukan berhasil dan tercapai.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rokibatuyyanah, Rokibatuyyanah--UNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Uncontrolled Keywords: Keliling lingkaran; luas lingkaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 28 Sep 2018 09:37
Last Modified: 28 Sep 2018 09:37
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28038

Actions (login required)

View Item View Item