Pembentukan karakter peserta didik melalui Pendidikan Anak Usia Dini di Kelompok Bermain (KB) Islam Kyai Hasyim Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wahidah, Anita Solihatul (2012) Pembentukan karakter peserta didik melalui Pendidikan Anak Usia Dini di Kelompok Bermain (KB) Islam Kyai Hasyim Surabaya. Masters thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Anita Solihatul Wahidah_F0341072.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pendidikan Anak Usia Dini adalah pendidikan yang bertujuan untuk membekali dan menyiapkan anak sejak dini untuk memperofeh kesempatan dan pengalaman yang dapat membantu perkembangan dan pertumbuhan yang sesuai dengan karaktemya. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mengkaji mengenai pembentukan karakter peserta didik yang dilakukan sejak usia dini melalui pendidikan anak usia dini. Fokus penelitian ini adalah untuk menjawab rwnusan masalah mengenai: 1) Bagaimana sistem pengelolaan pendidikan anak usia dini di KB. Islam Kyai Hasyim Surabaya 2) Bagaimana karakteristik peserta didik di KB. Islam Kyai Hasyim Surabaya 3) Bagaimanakah Pembentukan Karakter Peserta Didik di KB. Islam Kyai Hasyim Surabaya. Objek penelitian adalah KB. Islam Kyai Hasyim Surabaya, dengan fokus pada peserta didik usia 2-4 tahun. Penelitian ini adalah field reseacrh dengan tehnik pengumpulan data dept interview, observasi dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan bersifat deskriptif-naturalistik. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Kurikulum khas pendidikan di KB. Islam Kyai Hasyim Surabaya merupakan perpaduan antara kurikulum nasional yang tertuang dalam menu generik, kurikulum Ma'arif dan kurikulum tambahan dari YPS. Kyai Hasyim, dengan menggunakan sistem pembelajaran sentta. 2) Sifat dan sikap anak didik yang ada di KB. Islam Kyai Hasyim sebelum mereka mengikuti kegiatan pembelajaran adalah: pemalu, suka bennain sendiri, tidak mau berbicara lantang, suka bergantung pada orang tuanya, ingin menang sendiri, tidak mau berbagi, memaksakan kehendak, dan merasa selalu benar. 3) Proses pembentukan karakter peserta didik di KB. Islam Kyai Hasyim dilakukan dengan cara memberikan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Pengembangan Kemampuan Dasar mereka, kemudian diterapkan dan dibiasakan dalam setiap kegiatan yang diikuti oleh para peserta didik. Hal ini dilakukan agar terbentuk karakter peserta didik sesuai dengan nilai-nilai yang ada dalam pendidikan karakter itu sendiri. Adapun pelaksanaan evaluasinya dilakukan melalui sistem penilaian yang menggunakan prinsip-prinsip yang berbeda dengan penilaian terhadap orang dewasa, diantaranya: penilaian diberikan daJam bentuk narasi atau penggambaran bukan angka-angka, evaluasi dilakukan dengan observasi (pengamatan) bukan tes, kesalahan dipandang sebagai sesuatu yang wajar, belajar yang mendapat penekanan adalah sisi positif atau kelebihan anak, basil yang diperoleh anak diberi penghargaan., dan teknik pelaksanaannya dilakukan dengan cara pengamatan dan pencatatan anekdot.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wahidah, Anita Solihatul--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Pendidikan > Pendidikan Anak
Uncontrolled Keywords: Pembentukan karakter; Pendidikan Anak Usia Dini; Kelompok Bermain
Divisions: Program Magister > Ilmu Keislaman
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 28 Sep 2018 08:19
Last Modified: 09 Nov 2018 09:12
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28033

Actions (login required)

View Item View Item