Bimbingan Konseling Islam dengan terapi behavior dalam menangani kasus seorang remaja yang kecanduan Game Online di Desa Suko Sidoarjo

Rifit, Ainur (2011) Bimbingan Konseling Islam dengan terapi behavior dalam menangani kasus seorang remaja yang kecanduan Game Online di Desa Suko Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Ainur Rifit_B03207017.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Fokus penelitian adalah (1) Apa sajakah faktor- faktor penyebab kecand uan game online di desa suko kecamatan sidoarjo kabupaten sidoarjo? (2) Bagaimana proses Bimbingan konseling islam dalam menangani kasus seorang remaja yang kecanduan game online di desa suko kecamatan sidoarjo kabupaten sidoarjo? (3) Bagaimana basil Bimbingan konseling islam dalam menangani kasus seorang remaja yang kecand uan game online di desa suko kecamatan sidoarjo kabupaten sidoarjo? Dalam menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriftif komparatif. Sedangkan dalam pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul; analisa dilakukan untuk mengetahui proses serta basil dengan membandingkan Bimbingan Konseling Islam antara teori dan lapangan serta membandingkan kondisi klien sebelum dan sesudah mendapatkan konseling. dalam menganalisa (1) faktor- faktor penyebab kecanduan game online di desa suko kecamatan sidoarjo kabupaten sidoarjo (2) proses Bimbingan konseling islam dalam menangani kasus seorang remaja yang kecanduan game online di desa suko kecamatan sidoarjo kabupaten sidoarjo (3) hasil Bimbingan konseling islam dalam menanganii kasus seorang remaja yang kecanduan game online di desa suko kecamatan sidoarjo kabupaten sidoarjo. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa faktor-faktor kecanduan game online seorang remaja diantaranya minimnya waktu waktu bersama, kurangnya komunikasi dengan orang tua, merasa terkekang akibat peraturan yang diterapkan orang tua, keinginan yang tidak pemah terpenuhi, ditinggal teman sekolah, dan tidak mempunyai teman dirumah. Dalam penelitan ini proses konseling yang terjadi menggunakan terapi behavior, dengan teknik pengkondisian Aversi dengan pendekatan ini klien diharapkan dapat menghadapi kenyataan yang terjadi saat ini dengan mengubah tingkah lakunya. Hasil akhir dari proses konseing behavior dalam penelitian ini berhasil dengan prosentase 78% yang mana basil tersebut dapat dilihat dari adanya perubahan sikap atau peilaku klien yang kurang baik mulai lebih baik.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Cholil, Cholil
Uncontrolled Keywords: Behavior; remaja; kecanduan Game Online
Subjects: Bimbingan Konseling
Remaja, Gaya hidup
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 20 Sep 2018 03:18
Last Modified: 20 Sep 2018 03:18
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28012

Actions (login required)

View Item View Item