Bimbingan Konseling Islam dalam mengatasi dilema seorang mahasiswa di Desa Keboansikep Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo: studi kasus seorang mahasiswa yang bimbang memilih antara studi dan karier

Bakri, Arijal (2011) Bimbingan Konseling Islam dalam mengatasi dilema seorang mahasiswa di Desa Keboansikep Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo: studi kasus seorang mahasiswa yang bimbang memilih antara studi dan karier. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Arijal Bakri_B03207027.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28011

Abstract

Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana proses pelaksanaan Bimbingan Konseling Islam dalam mengatasi dilema seorang mahasiswa yang bimbang memilih antara studi clan karier di Desa Keboansikep Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo? (2) Bagaimana hasil akhir proses Bimbingan Konseling Islam dalam mengatasi dilema seorang mahasiswa yang bimbang memilih antara studi dan karier di Desa Keboansikep Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo? Dalam menjawab permasalahan tersebut, penelitian menggunakan metode kualitatif dengan analisa deskriptif komparatif. Dimana dalam menganalisis proses pelaksanaan Bimbingan Konseling Islam dengan mengembangkan kategori dan sebagai perbandingan yang kontras untuk menemukan sesuatu yang mendasar clan memberikan deskripsi apa adanya melalui proses identiftkasi masalah, diagnosis, prognosis, langkah terapi, follow up dan keadaan klien setelah bimbingan yang disajikan dalam bentuk deskriptif komparatif, yaitu membandingkan pelaksanaan di lapangan dengan teori Bimbingan Konseling Islam yang disajikan. Dalam penelitian ini proses konseling yang terjadi menggunakan Bimbingan Konseling Islam, dengan pendekatan ini diharapkan klien dapat membuat pilihan yang tepat dan bijaksana untuk masa depannya Hasil akhir dari proses pelaksanaan Bimbingan Konseling Islam dalam penelitian ini berhasil dengan prosentase 75 %, yang mana hasil tersebut dilihat dari adanya gejala perubahan pada sikap dan perilaku klien yang kurang baik mulai menjadi lebih baik.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Albaar, Ragwan
Uncontrolled Keywords: Bimbang memilih; studi; karier
Subjects: Bimbingan Konseling
Karier
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 20 Sep 2018 02:54
Last Modified: 20 Sep 2018 02:54
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28011

Actions (login required)

View Item View Item