Bimbingan konseling Islam dalam mengatasi disharmonisasi keluarga di Desa Kebun Kebun Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan

Astutik, Sri (2011) Bimbingan konseling Islam dalam mengatasi disharmonisasi keluarga di Desa Kebun Kebun Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sri Astutik_B03207010.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28009

Abstract

Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah, 1) Apakah factor-faktor penyebab terjadiya disharmonisasi keluarga di desa kebun kecamatan kamal kabupaten bangkalan Madura, 2) Bagaimana proses Bimbingan Konseling Islam dalam mengatasi disharmonisasi keluarga di desa Kebun Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan Madura, 3) Bagaimana keberhasilan pelaksanaan Bimbingan dan Konseling Islam dalam mengatasi disharmonisasi keluarga di desa Kebun Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan Madura. Dalam menjawab pennasalahn tersebut, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian study kasus, sedangkan dalam analisis data yang digunakan peneliti adalah analisa deskriptif yaitu untuk membuat deskripsi, gambaran secara sistematis, factual dan akurat mengenai fakta-fakta, serta berhubungan antar fenomena yang diselidiki. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa, 1) faktor-faktor penyebab terjadinya disharmonisasi keluaga adalah berselisih pendapat, suami berselingkuh, dan waktu luang bersama kelurga tidak ada, 2) proses BKI yang dilaksanakan oleh konselor dalam menangani masalah tersebut adalah menggunakan beberapa langkah yaitu identifikasi masalah, diagnose, prognosa, treatment, dan follow up, 3) hasil akhir BKI yang dilaksanakan oleh konselor dapat dikatakan berhasil walaupun belum secara maksimal, dimana klien sudah berubah, klien menyadari bahwa selama ini klien lebih menunjukkan sifat keegoisannya. Dan untuk saat ini secara perlahan klien mencoba untuk kembali menjalankan perannya dalam keluarga.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Rahmawati, Pudji
Uncontrolled Keywords: BKI; disharmonisasi keluarga
Subjects: Bimbingan Konseling
Keluarga
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 18 Sep 2018 08:47
Last Modified: 18 Sep 2018 08:47
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28009

Actions (login required)

View Item View Item