Pengaruh pelatihan Shalat Khusyu' terhadap kekhusyu'an shalat pada anggota Jamaah Halaqah di Perumahan Pondok Wage Indan BB: 18 Taman Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

lrsyadah, Ainun (2011) Pengaruh pelatihan Shalat Khusyu' terhadap kekhusyu'an shalat pada anggota Jamaah Halaqah di Perumahan Pondok Wage Indan BB: 18 Taman Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ainun Irsyadah_B03207008.pdf

Download (2MB)

Abstract

Selama ini shalat dianggap sebagai sesuatu yang memberatkan bagi pelakunya, karena kebanyakan dari kita tidak mengetahui dan merasakan ketinggian nilai spiritual yang ada didalamnya. Seringkali terbersit di dalam perasaan kita dimana shalat terasa menjemukan. Sejak kita mulai belajar shalat di masa kecil, kita tidak diajarkan bagaimana meraih rasa khusyu', karena sang guru/kiai telah menetapkan itu sebagai hal yang tidak mungkin . Kita hanya disuruh menghafal bacaan dan gerakan-gerakan raka'at tanpa rub. Untuk mencapai shalat dengan khusyu' maka diperlukan J atihan ketenangan baik jasmani maupun ruhani, serta gerakan-gerakan dan memaharni bacaan-bacaan dalam shalat. Berpijak dari latar belakang itulah, penelitian yang penulis lakukan mempunyai Fokus penelitian sebagai berikut (1) Bagaimana proses Pelatiban Shalat Khusyu' Abu Sangkan?, (2) Adakah Pengaruh Pelatihan Sbalat Khusyu' Abu Sangkan terhadap kekhusyu'an shalat pada anggota jamaah halaqah di Perumahan Pondok Wage Indah II BB: 18 Taman Sidoarjo?, (3) Sejauhmana Pengaruh pelatiban Shalat Khusyu' Abu Sangkan terhadap kekhusyu'an shalat pada anggota jamaah halaqah di Perumahan Pondok Wage Indah II BB: 18 Ta.man Sidoarjo? Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelatil1an shalat khusyu' terbadap kekhusyu 'an shalat pada anggota jamaah halaqah di Perumahan Pondok Wage lndah II BB: 18 Taman Sidoarjo. Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian kuantitatif Dan dalam hal ini perjalanan dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, interview, dan angket. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif. Didalarnnya terdapat upaya mendeskripsikan, mencatat, analisis dan menginterpretasikan kondisi-kondisi yang sekarang ini terjadi atau ada. Hasil penelitian menunjukkan bal1wa dari deskripsi data tentang pengaruh pelatiban shalat khusyu' Abu Sangkan terhadap kekhusyu'an sbalat pada anggota jamaah halaqah di perumahan pondok Wage BB:18 Taman Sidoarjo diperoleh koefisian sebesar 0,75 sebingga ini menunjukkan ada pengamh positif. Artinya jamaah yang menjalankan shalat setelah pelatihan shalat khusyu' Abu Sangkan dapat menjalankan shalat dengan khusyu'. Serta pelatihan shalat khusyu' Abu Sangkan mempunyai pengaruh yang tinggi. Hal itu di dapat dilibat dari perbitungan yang menunjukkan basil sebesar 56,25% dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kekhusyu'an shalat 56,25% dipengaruhi oleh pelatihan shalat khusyu'. Sebingga pengaruh pelatihan shalat khusyu' Abu Sangkan terhadap kekhusyu'an shalat sebesar 56,25% dan sisanya ditentukan oleh faktor lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
lrsyadah, Ainun--UNSPECIFIED
Subjects: Ibadah
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Uncontrolled Keywords: Pelatihan shalat khusyu' Abu Sangkan; Kekhusyu'an shalat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 18 Sep 2018 08:36
Last Modified: 18 Sep 2018 08:36
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28008

Actions (login required)

View Item View Item