Peranan program ekstrakurikuler dalam peningkatan prestasi belajar siswa bidang study Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Daron Najah Sliwung Panji Situbondo tahun pelajaran 2008-2009

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Uyun, Quratul (2009) Peranan program ekstrakurikuler dalam peningkatan prestasi belajar siswa bidang study Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Daron Najah Sliwung Panji Situbondo tahun pelajaran 2008-2009. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Quratul Uyun_D51206229.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Program pengajaran Pendidikan Agama Islam sampai saat ini masih mengalami kendala dalam penerapannya. Hal ini salah satunya dikarenakan minimnya waktu yang dialokasikan untuk pelajaran pendidikan agama Islam di lembaga-lembaga pendidikan formal. Untuk itu, perlu diupayakan aktifitas-aktifitas tambahan di luar jam pelajaran yang telah ditetapkan kurikulum sekolah atau lembaga. Untuk mencapai tujuan tersebut, diperlukan program ekstrakurikuler pendidikan agama Islam yang berfungsi sebagai penunjang dalam pembelajaran studi Pendidikan Agama Islam. Dalam penelitian ini, rumusan masalah yang diajukan adalah adakah peranan program ekstrakurikuler dalam peningkatan prestasi belajar siswa bidang study Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Darun Najah Sliwung Panji Situbondo tahun pelajar-cm 2008-2009?, dengan beberapa metode yang digunakan, yaitu; interview, observasi, angket, clan dokumentasi. Data basil penelitian kemudian dianalisis menggunakan analisis statistik sederhana. Selama pelaksanaan penelitian, penulis mendapatkan basil seperti yang tertera pada tabel 4.12 mengenai hasil angket tentang prestasi siswa bidang study Pendidikan Agama Islam setelah mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di Mts. Darun Najah Sliwung Panji Situbondo tahun pelajaran 2008-2009. Dari basil tersebut menunjukkan dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler, dapat meningkatkan prestasi siswa 77 % responden menyatakan adanya peningkatan prestasi belajar. Hal ini dapat dilihat dari basil ulangan harian mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang meningkat setelah para siswa/siswi mengikuti program kegiatan ekstrakurikuler. Pencapaian ini dimungkinkan ka..rena beberapa faktor, antara lain: motivasi guru pembimbing, motivasi para siswa/siswi, kepeduliaan orang tua, dan efektivitas pelaksanaan program ekstrakurikuler. Berdasarkan basil analisis data dan pengujian hipotesis dari penelitian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa ada peranan program ekstrakurikuler dalam meningkatkan prestasi belajar siswa bidang study Pendidikan Agama Islam di Mts. Damn Najah Sliwung Panji Situbondo tahun pelajaran 2008-2009. Dari hasil penelitian tersebut, ada beberapa bal yang penulis ajukan sebagai saran, antara lain: untuk mencapai basil yang maksimal, perlu adanya pelaksanaan evaluasi berjangka mengenai pelaksanaan program ekstrak.urikuler; perlu adanya koordinasi antara pibak sekolah dengan orangtua siswa/siswi mengenai basil pelaksanaan program ekstrakurikuler untuk mencapai peningkatan basil belajar yang lebih maksimal; bagi para guru pembimbing, dibarapkan selalu memberikan motivasi, dorongan semangat yang berguna sebagai stimulus bagi siswa/siswi untuk meningkatkan prestasi belajarnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Uyun, QuratulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan > Ekstrakurikuler
Pendidikan > Prestasi Belajar
Keywords: Program ekstrakurikuler; prestasi belajar; siswa; bidang study Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 17 Sep 2018 03:04
Last Modified: 17 Sep 2018 03:04
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28001

Actions (login required)

View Item View Item