Pengaruh model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, dan Satisfaction) terhadap motivasi belajar siswa di MINU Durungbedug Candi Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisa', Khoiron (2010) Pengaruh model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, dan Satisfaction) terhadap motivasi belajar siswa di MINU Durungbedug Candi Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khoirun Nisa'_D01304178.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam suatu lembaga pendidikan sangat diperlukan sebuah motivasi dalam belajar, karena motivasi merupakan hal yang sangat urgen dalam meningkatkan hasil belajar dan pemahaman siswa. Tanpa adanya motivasi belajar yang kuat maka siswa menjadi kurang bersemangat/berminat dalam belajar. Untuk menumbuhkan motivasi pada siswa dalam proses belajar mengajar diperlukan sebuah model pembelajran yang mana model pembelajaran ini mampu mengkoordinir siswa sehingga siswa merasa bersemangat dan senang dalam belajar. Dan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, maka digunakanlah model pembelajaran ARIAS yang dapat menjadikan siswa lebih termotivasi dalam belajar. Karena lima komponen atau tahapan dari unsure ARIAS yang dimuali dari penenaman rasa percaya diri, menghubungkan pelajaran pada dunia nyata, membangkitkan minat belajar siswa, evaluasi dan pemberiang rasa bangga (reward) sangat dominant digunakan dalam peningkatan motivasi belajar siswa. Oleh sebab itulah penelitian ini dilakukan dalam upaya untuk mengetahui bagaimanakah pelaksanaan model pembelajaran ARIAS dan bagaimanakah motivasi belajar siswa serta adakah pengaruh model pembelajaran ARIAS terhadap motivasi belajar siswa yang dilaksanakan di MINU Durungbedug Candi Sidoarjo. Adapun bentuk penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan populasi, karena yang diteliti adalah semua siswa kelas III di MINU Durungbedug Candi Sidoarjo. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan tehnik pengumpulan data berupa observasi, interview (wawancara), dokumentasi dan angket. Untuk mengetahui pelaksanan model pembelajran ARIAS dan motivasi belajar siswa penulis menggunakan rumus prosentase, sedangkan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajran ARIAS terhadap motivasi belajar siswa menggunakan rumus product moment (rxy). Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh model pembelajran ARIAS terhadap motivasi belajar siswa dengan skor 0,85. Jika dilihat pada table interpretasi nilai "r" product moment berada pada rentang 0,76-0,90 yang berarti Antar variable X dan variable Y terdapat korelasi yang kuat dan tinggi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisa', KhoironUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Motivasi Belajar
Pendidikan > Anak
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran ARIAS; motivasi belajar; siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 14 Sep 2018 01:43
Last Modified: 14 Sep 2018 01:43
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27987

Actions (login required)

View Item View Item