Pengaruh penerapan metode Amtsilati terhadap kemampuan membaca Kitab Kuning Santri Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo Situbondo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ummah, Ibrotul (2009) Pengaruh penerapan metode Amtsilati terhadap kemampuan membaca Kitab Kuning Santri Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo Situbondo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ibrotul Ummah_D51206214.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sejarah sudah mencatat bahwa Pondok Pesantren adalah lemabaga pendidikan, keagamaan dan kemasyarak.atan yang sudah sejak lama dikenal sebagai wahana pemhangunan masyarakat (Community Delevopmet). Dengan orientasi tersebut, Pondok Pesantren telah mempu menunjukkan partisipasi aktifuya bersama pemerintah dalam mensukseskan program-program pembangunan, lebih-lebih dalam hal kehidupan bersama dan pencerdasan kehidupan bangsa. Tujuan pokok dari Pendidikan Islam adalah agar anak-anak dapat membaca Al-Qur'an clan mengetahui pokok-pokok ajaran Islam yang perlu dilaksanakan sehari­ hari dengan pemikiran baru ini juga mementingkan pemberian ii.mu alat untuk mempelajari agama Islam dari sumber yang asli yaitu Al-Qur'an dan Al-Hadits. Penulis meneliti masalah yang berkaitan dengan proses belajar mengajar khususnya metode amsilati, dimana metode amsilati ini adalah program pumala mambaca kitab kuning selama 6 bulan sebagai metode praktis mendalami kitab kuning, didalamnya penerapan al-fiyah yang diterjemahkan clan dituntun dengan nadhom yang juga diartikan dengan bahasa Jawa, dengan rumusan masalah yang mempertanyakan tentang "Adakah Pengaruh Penerapan Metode Amtsilati Terhadap Kemampuan Membaca Kitab Kuning Santri Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo Situbondo". Kemudian rumusan masalah hipotesa ini dirinci menjadi dua, yaitu: Adakah Pengaruh Penerapan Metode Amtsilati Terhadap Kemampuan Membaca Kitab Kuning Santri Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah tahun pelajaran 2008-2009? Adakah Pengaruh Penerapan Metode Amtsilati Terbadap Kemampuan Memahami Kitab Kuning Santri Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah tahun pelajaran 2008-2009? Adapun bentuk metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: penentuan populasi, pengumpulan data yaitu teknik observasi, angket, interview dan dokumenter. Kesimpulan penelitian ini adalah sebagai berikut: ada pengaruh penerapan metode amsilati terhadap kemampuan membaca kitab kun.ing santri Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Tahun Pelajaran 2008-2009. Ada pengaruh pe11erapan metode amsilati terhadap kemampuan mamahami kitab kuning santri Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Tahun Pelajaran 2008-2009. Dan sebagai kesimpulan akhir, dapat ditarik kesimpulan umum bahwa ada pengaruh yang cukup berarti antara penerapan metode amsilati terhadap kemampuan mambaca kitab kuning santri Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Tahun Pelajaran 2008-2009.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ummah, Ibrotul--UNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Metode Amtsilati; kemampuan membaca; Kitab Kuning
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 13 Sep 2018 08:45
Last Modified: 13 Sep 2018 08:45
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27985

Actions (login required)

View Item View Item