Upaya guru dalam meningkatkan minat siswa belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs. Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo

Asmawan, Asmawan (2009) Upaya guru dalam meningkatkan minat siswa belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs. Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Asmawan_D51206204.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27984

Abstract

Permasalahan yang sering kali muncul dalam pengajaran Pendidikan Agama Islam di lembaga formal baik sekolah maupun maclrasah adalah timbulnya kejenuhan yang mengakibatkan rendahnya minat anak didik. Kejenuhan serta rendahnya minat untuk mempelajari Pendidikan Agama Islam nampaknya juga terjadi di madrasah­ madt-asah yang berada di lingkungan pesantren, tampa terkecuali Madrasah Tsanawiyah Salafiyah Syafi'iyah merupakan salah satu lembaga pendidikan yang berada dibawah naungan Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo Situbondo. Adanya pemahaman bahwa Pendidikan Agama Islam hanyalah pendidikan yang berorientasi pada akhirat semata disinyalir menjadi pemicu utama rendahnya minat siswa. Selebihnya, rendahnya minat siswa diakibatkan oleh karena pengaruh sistem sebagaimana yang terjadi di MTs Salafiy&h Syafi'iyah. Fokus penelitian ihl adalah akan mengungkap tentang upaya apa saja yang dilakukan guru dalam meningkatkan minat siswa belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Salafiyah Syafi'iyah Sukrejo Situbondo. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dalam mengumpulan data, penelitian ini menggunakan teknik observasi, interview, dan dokumentasi. Data yang terkumpul diperiksa validitas dan realiabilitasnya dengan pengecekan kredibilitas data yang dilakukan denga:n triangulasi baik triangulasi metode maupun sumber. Setelah itu, dianalisis dengan rraenggunakan reduksi data, pei:iyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari basil temuan penelitian, analisa data dan pembahasan dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa upaya guru dalam meningkatkan minat siswa belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs Salafiyah Syafi'iyah adalah melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan strategi atau pendekatan pembelajaran yang dapat melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran, memusatkan perhatian dan membangkitkan motivasi siswa.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Mighfar, Shokhibul
Uncontrolled Keywords: Upaya guru; minat belajar; siswa
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 13 Sep 2018 08:33
Last Modified: 13 Sep 2018 08:33
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27984

Actions (login required)

View Item View Item