Peranan pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan lbadah shalat siswa di SD Ibrahimy Sukorejo Situbondo Tahun Pelajaran 2008/2009

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mahsun, Mahsun (2009) Peranan pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan lbadah shalat siswa di SD Ibrahimy Sukorejo Situbondo Tahun Pelajaran 2008/2009. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mahsun_D51206219.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan Agama Islam merupakan salah satu sarana untuk mewujudkan manusia yang sebenarnya di dalam menjalankan kehidupannya di dunia Karena pendidikan agama Islam itu sendiri bertujuan untulc meningkatkan keimanan, pemahaman, penghayatan dan pengamalan tentang agama Islam sehingga menjadi manusia muslim yang beriman clan bertaqwa kepada Allah swt. Serta berakhlaq mulia dalain kehidupan pribadi, bennasyarakat, berbangsa dan bemegara. Tidak cukup hanya dengan pemahaman pendidikan agama Islam itu saja melainkan butuh pengamalannya sehari-hari yaitu dengan cara bertaqwa kepada Tuhan-Nya karena taqwa disinilah dapat mengantarkan kepada manusia meajadi mulia di sisi Tuhan­ Nya Oleh sebab itu maka taqwa mejadi tujuan hidup yang utama bagi kaum muslim di dalam menjalankan kehidupannya, baik di dunia maupun di akhirat. Dari judul di atas, maka timbullah suatu pennasalahan yang akan di bahas yaitu: "Apakah ada peranan pelajaran pendidikan agama Islam dalam meningkatkan ibadah shalat siswa di SD lhrahimy Sukorejo Situbondo tahun pelajaran 2008/2009". Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk: mengetahui ada tidaknya peranan pelajaran pendidikan agama Islam dalam meningkatkan ibadah shalat siswa di SD lbrahimy Sukorejo Situbondo tahun pelajaran 2008/2009, clan saran yang diajukan khusus bagi Guru Pendidikan Agama Islam agar membimbing siswa supaya mampu untuk berbuat dan beramal sesuai dengan ajaran Islam. Untuk mencapai tujuan yang diharapkan, maka dilakukan berbagai macam clan bentuk metode sebagai berikut: Penentuan daerah populasi (seluruh siswa SD lbrahimy Sukorejo) dan sampel (100 orang siswa SD lbrahimy Sukorejo) dengm: menggunakan metode proporsional random sampling dengan cara widian dan metode pengumpulan data yaitu: observasi, interview, dokumentasi dan angket. Adapun hasil pengumpulan data tersebut dapat di analisa dengan menggunakan statistik dengan rumus Chi Kwadrat (X2 . Kemudian untuk: mengetahui ada tidaknya peranan digunakan rumus koefisien kontingensi (KK). Setelah dianaJisa maka dapat disimpulkan bahwa "Ada peranan pelajaran pendidikan agama Islam dalam meningkatkan ibadah shalat siswa di SD lbrahimy Sukorejo Situbondo tahun pelajaran 2008/2009 dengan peranan yang cukup berarti".

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mahsun, Mahsun--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan > Sumber Belajar
Uncontrolled Keywords: Pelajaran Pendidikan Agama Islam; lbadah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 13 Sep 2018 07:44
Last Modified: 13 Sep 2018 07:44
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27981

Actions (login required)

View Item View Item