Urgensi entering behavior dalam proses pembelajaran bidang studi fiqih di Mts Dero Kesamben Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Akbar, Taufik Ismail (2009) Urgensi entering behavior dalam proses pembelajaran bidang studi fiqih di Mts Dero Kesamben Jombang. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Taufik Ismail Akbar_D01205103.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan yang bersifat kualitatif deskriptif, Penelitian kualitatif deskriptif adalah suatu fenomena penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan keadaan - keadaan atau status fenomena sesuatu yang terjadi yang terdapat dalam arti, baik dari kata - kata tertulis maupun lisan dari orang - orang yang menjadi subjek penelitian. Data yang dikumpulkan adalah berupa kata- kata atau gambar dan bukan angka - angka. Penelitian kualitatif berusaha menampilkan secara holistic ( utuh ) yang membutuhkan kecermatan dalam pengamatan sehingga kita dapat memahami secara menyeluruh hasil penelitian dan mampu menjawab tentang bagaimana urgensi Entering Behavior dalam proses pembelajaran bidang studi Fiqih, hal ini menjadi langkah yang penting untuk diterapkan guna mendapatkan proses pembelajaran yang efektif sesuai dengan prinsip - prinsip mengajar. Dalam penelitian ini yang menjadi obyek penelitian adalah di MTs Mifathul Ulum Dero Kesamben Jombang. Dalam mendapatkan data penelitian, teknik pengumpulan datanya adalah dengan beberapa metode penelitian, yaitu metode observasi, metode wawancara, metode dolumentasi. Data penelitian dihimpun dengan cara memilah dan memilih bagaimana pelaksanaan Entering Behavior dalam proses pembelajaran bidang studi fiqih. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Entering Behavior dalam proses pembelajaran mempunyai peran yang penting untuk mendapatkan proses pembelajaran yang bersifat efektif dan tercapai tujuan instruksionalnya. Melaksanakan Entering Behavior mempunyai kegunaan bagi seorang guru untuk mengetahui tingkat kemampuan dasar siswa sebelum akan melanjutkan ke materi berikutnya yang bersifat lebih dalam materinya, jika seorang guru mengetahui keadaan kondisi siswa maka guru dapat melakukan tindakan yang tepat untuk siswa dalam proses pembelajaran. Entering Behavior akan membantu guru untuk mengetahui seberapa jauh kesamaan individual siswa dalam taraf kesipan (readiness), kematangan (maturation), serta tingkat materi (matery) pengetahuan dan keterampilan dasar bagi penyajian bahan baku, diketahuinya disposisi perilaku siswa tersebut akan dapat dipertimabangkan dan dipilh bahan, prosedur, metode, teknik serta alat bantu belajar mengajar yang sesuai.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Akbar, Taufik IsmailUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Fikih
Pendidikan > Pembelajaran
Perilaku
Uncontrolled Keywords: Entering behavior; pembelajaran; studi fiqih
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 13 Sep 2018 07:19
Last Modified: 13 Sep 2018 07:19
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27978

Actions (login required)

View Item View Item