Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SD Ibrahimy Sukorejo Banyuputih Situbondo Tahun Pelajaran 2008-2009

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Honainah, Honainah (2009) Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SD Ibrahimy Sukorejo Banyuputih Situbondo Tahun Pelajaran 2008-2009. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Honainah_D51206213.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27972

Abstract

Keberhasilan sekolah dalam mencapai tujuan institusional pendidikan sangat bergantung kepada profesionalitas kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan. kepala sekolah merupakan tumpuan manajemen sekolah, karena kepala sekolah yang bertangg1mg jawab menetapakan visi dan misi dan tujuan institusi. Kepala sekolah merupakan komponen kunci bagi keberhasilan kepemimpinan pendid jkan. Esesnsi kepala sekolah adalah kepemimpinan pengajaran. Seorang kepala sekolah adalah orang yang benar-benar seorang pemimpin, seorang edukator. Oleh karena itu profesionalitas kepemimpinan kepala sekolah signifikan sebagai kunci keberhasilan sekolah. Mengacu pada pennasalahan di atas, maka dalam penelitian ini penulis menitik beratkan pada pembahasan pennaslahan sebagai berikut. Pertama, tipe kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. kedua strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan, ketiga, faktor pendukung dan faktor penghambat kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendiclikan, keempat, pemanfaatan faktor pendukung dan cara mengatasi faktor•penghambat. Penelitian ini bersifat kualitatif, dan metode yang dipakai metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi langsung, interview, dan dokumentasi. Sedangkan penyajian dan analisis datanya secara induktif, yaitu menarik kesimpulan umum dari data-data yang diperoleh dalam penelitian yang ada h•tbungannya dengan skripsi ini yaitu tentang kepemimpinan kepala sekolah meningkatkan mutu pendidikan di SD Ibrahimy Sukorejo Situbondo. Dari analisis data yang telah kami lakukan telah diperoleh temuan-temuan sebagai berikut. Pertama, tipe kepemimpinan kepala sekolah SD Ibrahimy Sukorejo Situbondo mempunyai tipe demokratis, visioner, dan profesional, serta mempunyai integritas kepribadian dalam meningkatkan mutu pendidikan, kepemimpinan kepala sekolah yang tangguh dan mempunyai semangat yang tinggi dalam meningkatkan mutu pendidikan. Kedua, kepala sekolah memakai beberapa strategi diantaranya: pengelolaan tenaga pengajar (guru), pembinaan siswa, pengelolaan sistem pengajaran, pengelolaan sarana dan prasarana, manajemen kebersamaan. Ketiga, faktor pendukung dan faktor penghambat kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Faktor pendukung diantaranya; nama besar pondok pesantren, sistem pondok pesantren, profesionalisme guru dan kedesiplinan guru. Sedangkan faktor penghambatnya; latar belakang yang berbeda, kurangnya sarana dan prasarana. Keempat, pemanfatan faktor pendukung dan cara mengatasi faktor penghambat, bentuk pemanfaatanya antara lain; dengan cara melakukan komunikasi, melakukan koordinasi, pengadaan pengembangan sarana dan prasarana.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Honainah, Honainah--UNSPECIFIED
Subjects: Kepala Sekolah
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Kepala Sekolah; Mutu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 12 Sep 2018 07:37
Last Modified: 12 Sep 2018 07:37
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27972

Actions (login required)

View Item View Item