Implementasi Contextual Teaching And Learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam: studi kasus di SMP Ibrahimy 2 Sukorejo Situbondo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Manan, Muhammad Abdul (2009) Implementasi Contextual Teaching And Learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam: studi kasus di SMP Ibrahimy 2 Sukorejo Situbondo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Muhammad Abdul Manan_D51206223.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Dengan judul di atas penelitian ini akan membahas tiga masalah yaitu: 1) Bagaimanakah implementasi Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Ibrahimy 2 Sukorejo Situbondo? 2) Faktor apa saja yang menjadi penunjang dan penghambat implementasi Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran• pendidikan agama Islam di SMP Ibrahimy 2 Sukorejo Situbondo? Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini berbentuk. kualitatif sedang metode yang digunakan adalah metode observasi, interview clan dokumentar, dan menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan penelitian skripsi ini, diperoleh suatu basil antara lain: 1) implementasi Contextual Teaching and Learning dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Ibrahimy 2 Sukorejo Situbondo merupakan salah satu setrategi pembeljaran yang menjadikan proses pembelajaran tersebut bermakna clan menyenangkan, 2) proses pembelajarannya dapat berjalan dengan efektif karena didukung oleh adanya kemampuan, semangat, kreatifitas dan keterbukaan serta keterlibatan loyalitas elemen sekolah clan masyarakat secara aktif, dan terpenuhinya sarana clan prasarana pendidikan yang menopang terlaksananya proses pembelajaran dan peran kepala sekolah dan guru, yang mau pro aktif dengan proses pembelajaran PAl. Mencermati hasil penelitian di atas, maka kami dapat memberikan saran­ saran sebagai berikut: untuk kepala sekolah, hendaknya lebih meningkatkan pendidikan dengan mengutamakan profesional isme tenaga pendidik dengan mengikutsertakan dalam berbagai moment peningkatan kependidikan atau kegUruan dan menyediakan fasilitas yang memadai demi efektifitas pembelajanin. Kepada para guru, dalam mengimplementasikan strategi pembelajran CTL hendaknya mengedepankan kemampuan profesional sebagai seorang pendidik serta melaksanakan dengan penuh dedikasi, agar bisa mencapai basil yang maksimal.dan diharapkan peserta didik untuk selalu meningkatkan kedisiplinan dan mengikuti secara pro aktif dalam setiap pembelajaran yang dilaksanakan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Manan, Muhammad Abdul--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Implementasi Contextual Teaching And Learning; Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 12 Sep 2018 07:19
Last Modified: 12 Sep 2018 07:19
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27971

Actions (login required)

View Item View Item