Strategi Kepala Sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MI Al Azhar Mojosari - Asembagus Tahun Pelajaran 2008 - 2009

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wartik, Wartik (2009) Strategi Kepala Sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MI Al Azhar Mojosari - Asembagus Tahun Pelajaran 2008 - 2009. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Wartik_D51206239.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kepala merupakan pemimpin pendidikan formal yang berfungsi sebagai supervisor dan administrator. Sebagai supervisor kepala mempunyai tugas membantu menstimulir, mensupport dan mengikutsertakan guru dalam memecahkan masalah belajar mengajar agar tujuan pendidikan tercapai. Sebagai administrator kepala mempunyai tugas dan tanggung jawab terhadap kemajuan lembaga, baik mengenai program pendidikan, pengelolaan pengajaran, pengelolaan keuangan, pengelolaan gedung serta pengelolaan sekolah dengan masyarakat. Dari uraian tersebut, yang menjadi pokok permasalahan dalam skripsi ini adalah bagaimana strategi kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru, apa problematika yang muncul dalam meningkatkan profesionalisme guru, dan apa saja faktor­ faktor penunjang peningkatan profesionaf isme guru di MI Al-Azhar Mojosari Asembagus tahun pelajaran 2008-2009 dan metode pengumpulan data yang penulis pakai dalam skripsi ini adalah metode observasi, interviwe dan dokumentasi. Untuk menyelesaikan pennasalah lersebul di alas serta mencapai lujuan sesuai dengan apa yang diharapkan, maka diadakan penel itian lapangan dengan analisa data kualitatif. Berdasarkan analisa data tersebut maka diperoleh hasil bahwa strategi kepala MI Al-Azhar Mojosari Asembagus dalam meningkatkan profesionalisme guru yang dikelolanya adalah : Pengelolaan kelas, menentukan atau memilih bahan bidang studi atau materi pelajaran dan menerapkan metode belajar mengajar. Sedangkan keberhasilannya adalah menugaskan guru studi lanjut S I., mengikutsertakan guru dalam penataran guru bidang studi dan MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran). Setelah mengetahui secara langsung strategi kepala dalam meningkatkan profusionalisme guru, problematika dalam meningkatkan profesionalisme guru dan fak'1or yang mendukung dalam meningkatkan profesionalisme guru peneliti dapat memberikan pemikiran terhadap segenap pihak yang terkai khususnya dalam mengkatkan profcsionalismc guru. 1. Meningkatkan studi banding ke sekolah yang sudah maju dan dikelolah dengan profesional. 2. Meningkatkan kompetensi tenaga kependidik:m serta meningkatkan kreatifitas profesinya melalui pendidikan dan pelatihan. 3. Kepala merupakan ujung tombak dalam meningkatkan pendidikan dengan ini diharapkan dapat menyediakan terhadap segala kebutuhan yang berkaitan dengan peningkatan profesi guru dalam proses belajar mengajar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wartik, Wartik--UNSPECIFIED
Subjects: Kepala Sekolah
Pendidikan > Profesionalisme Guru
Uncontrolled Keywords: Strategi Kepala Sekolah; profesionalisme guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 12 Sep 2018 02:46
Last Modified: 09 Nov 2018 08:15
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27967

Actions (login required)

View Item View Item