Efektivitas strategi Biosmart dalam upaya meningkatkan kreatifitas siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMU Negeri 20 Surabaya

Ulfa, Maria (2009) Efektivitas strategi Biosmart dalam upaya meningkatkan kreatifitas siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMU Negeri 20 Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Maria Ulfah_D01205115.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27963

Abstract

Menurut Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) 2004 yang disempurnakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006 setiap individu memiliki potensi yang hams dikembangkan. Maka proses pembelajaran yang relevan ialah yang mampu menggali potensi anak didik agar selalu kreatif clan berkembang. Upaya inilah yang senantiasa diupayakan oleh Tim guru Agama SMU Negeri 20 Surabaya. Salah satu strategi yang digunakan dalam pembelajaran adalah Biosmart, yaitu strategi yang digunakan untuk menggali potensi- potensi, bakat, kecerdikan dan kekreatifan seorang siswa. Karena Selama ini seorang guru agama hanya berceramah dan siswa mendengarkan maka siswa menjadi pasif. Di Strategi Biosmart ini siswa sangat berperan aktif Karena strategi Biosmart ini menggunakan metode yang bervariasi yang sesuai dengan gaya berfikir, multiple intelegensi dan kreatifitasnya. Atas dorongan inilah, penulis terdorong untuk mengadakan penelitian di SMU Negeri 20 Surabaya. Untuk mengetahui beberapa permasalah yang terdapat dalam penelitian tersebut maka dirumuskan beberapa masalah antara lain; Bagaimana Aplikasi Strategi Biosmart dalam upaya meningkatkan Kreatifitas Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMU Negeri 20 Surabaya, Bagaimana Kreatifitas Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMU Negeri 20 Surabaya, Bagaimana efektivitas strategi Biosmart dalam meningkatkan kreatifitas siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMU Negeri 20 Surabaya. Untuk metode yang digunakan dalam pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode observasi, dokumentasi dan metode tes. Dan untuk metode analisisnya menggunakan analisis kuantitatif statistic parametric yaitu dengan menggunakan uji t (uji kesamaan dua rata-rata). Berdasarkan analisis kemampuan guru dalam mengelola Strategi Biosmart diketahui bahwa kemampuan guru dalam mengelola strategi Biosmart selama tiga kali pertemuan termasuk kategori sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata selama tiga kali pertemuan yaitu sebesar 3,37 yang berarti sesuai dengan rencana pembelajaran. Berdasarkan analisis kreatifitas siswa selama mengikuti strategi Biosmart dapat diketahui bahwa kreatifitas siswa tergolong sangat baik, hal ini sesuai dengan jumlah rata-rata sebesar 70,67 % sedangkan jumlah rata-rata kreatifitas siswa tidak kreatif selama tiga kali pertemuan sebesar 29,33 %. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata prosentase ketercapaian skor tes kreatifitas siswa kelas eksperimen telah tercapai sebesar = 2,31 < 9,49 maka strategi Biosmart efektif Berdasarkan hasil analisis data statistik denganperhitungan uji t dengan hasil t hitung : 5,462 >tbtabel : 2,00 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya aplikasi strategi Biosmart dapat meningkatkan kreatifitas siswa pada Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMU Negeri 20 Surabaya berarti strategi Biosmart dapat meningkatkan kreatifitas siswa.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Fuad, Ah. Zakky
Uncontrolled Keywords: Strategi Biosmart; kreatifitas siswa
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 10 Sep 2018 06:22
Last Modified: 10 Sep 2018 06:22
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27963

Actions (login required)

View Item View Item