Pengaruh media flip chart terhadap prestasi belajar fiqih siswa kelas X di MA Hasyim Asy'ari Balongsari Tandes Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Chafindah, Luluk Umi (2010) Pengaruh media flip chart terhadap prestasi belajar fiqih siswa kelas X di MA Hasyim Asy'ari Balongsari Tandes Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Luluk Umi Chafindah_D01205114.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan islam merupakan suatu sistem yang terdiri dari beberapa komponen penting yang saling berhubungan. Di antara komponen yang ada dalam sistem tersebut adalah media atau alat, dengan adanya media dapat memberi kemudahan berinteraksi antara guru dan siswa serta memberi pemahaman yang lebih. Alat atau media pendidikan itu harus berlandaskan kepada dasar-dasar pendidikan islam, Oleh karena itu di antara salah satu cara yang dipergunakan guru untuk membangkitkan semangat belajar sehingga keberhasilan belajar tercapai yaitu dengan menggunakan media gambar atau flip chart. Flip chart adalah gambar atau graik yang meluaskan perkembangan ide, objek, lembaga atau orang ditinjau dari sudut waktu dan ruang, sehingga siswa dapat lebih memahami materi dan membuat konsep yang abstrak menjadi konkrtit. Media flip chart cara yang paling mudah untuk pengajaran, dan cara lain agar siswa tidak bosan sehingga siswa lebih berimajinasi dalam mengembangkan ide-idenya dalam belajar. Flip chart juga dapat mempermudah mengingat suatu materi pelajaran yang di ajarkan guru, di sini guru hanya sebagai motifator dalam belajar mengajarn flip chart juga digunakan guru untuk mengingat daya ikir siswa. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Bagaimana penerapan media flip chart dalam pembelajaran fiqih di MA Hasyim Asy'ari?bagaimana prestasi belajar siswa dalam bidang studi fiqh siswa kelas x di MA Hasyim Asy'ari?bagaimana pengaruh media flip chart terhadap prestasi belajar fiqih siswa kelas x di MA Hasyim Asy'ari Balongsari Tandes Surabaya? Untuk memperoleh data dalam penelitian ini, peneliti menggunakan beberapa metode antara lain : metode observasi, interview, tes dan dokumentasi. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif prosentase dengan teknik analisis statistik uji "thitung"• Hasil penelitian yang diperoleh adalah adaengaruh penerapan media flip chart untuk pembelajaran fiqih terhadap prestasi belajar siswa kelas x MA Hasyim Asy'ari Balongsari Tandes Surabaya. Hal ini berdasarkan dari basil analisis yang diperoleh dari "t11itung" yaitu 11,48, tabel nilai "thitung" pada taraf signifikan 5% adalah 2.093, sedangkan pada taraf 1% adalah 2.861. Dari hasil konsultasi tersebut dapat diketahui bahwasannya "thitung" lebih besar daipada t tabel. Baik pada taraf signifikan 5% maupun 1%, jadi, kesimpulannya adalah Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga yang berlaku adalah hipotesa yang berbunyi ada pengaruh penerapn media flip chart untuk pembelajaran fiqih terhadap prestasi belajar siswa kelas x di MA Hasyim Asy'ari Tandes Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Chafindah, Luluk UmiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Fikih
Pendidikan > Anak
Pendidikan > Media
Pendidikan > Prestasi Belajar
Uncontrolled Keywords: Media flip chart; prestasi belajar; fiqih; siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 10 Sep 2018 02:05
Last Modified: 10 Sep 2018 02:05
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27960

Actions (login required)

View Item View Item