Analisis Validitas dan Reliabilitas Butir Soal Pendidikan Agama Islam di SLTPN 13 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Badriah, Ana Fajriyatul (2009) Analisis Validitas dan Reliabilitas Butir Soal Pendidikan Agama Islam di SLTPN 13 Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Anan Fajriyatul Badriyah_D01205215.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Masalah yang djteliti dalam skripsi ini adalah pembahasan tentang "Analisis Validiias Dan Re/iabi/itas Butir Soal Pendidikan Agama Islam Di SLTPN 13 Surabaya".Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui taraf validitas isi butir soal tes PAI dan reliabilitas butir soal tes PAI yang digunakan dalam Ujian Akhir Semester Genap tahun ajatan 2008/2009 untuk kelas VII di SLTPN 13 Surabaya. Data penelitian berupa jawaban dari 1 1 1 siswa kelas VII yang mengikuti uJian akhir sekolah pada 10 Juni 2009.Untuk mendapatkan data penelitian peneliti menggunakan metode dokumentasi, adapun teknik analisis data yang di pakai adalah deskripsi dengan menggunakan analisis empiris. Untuk validitas isi butir soal selain mencocokkan dengan kisi-kisi soal yang ada, untuk analisis secara empirisnya dan juga reliabilitasnya (yang dalam hal ini menggunakan fonnula alpha), penulis menggunakan microCAT (tm) Testing System (Item And Analysis Program)- Iteman verai 3.00. Hasil analisis butir soal pada penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, analisis validitas butir soal PAI dalan UAS genap kelas VII mempunyai validitas yang sedang yaitu 9 soal dinyatakan diterima, 33 soal dinyatakan diterima dengan revisi dan 8 soal ditolak. Kedua, analisis reliabilitas butir soal PAI dalam UAS genap kelas VII ini memiliki tingkat reliabilitas yang sedang yaitu dengan koefisien korelasi rxx•= 0, 660. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para guru khususnya evaluator dalam bidang pendidikan dan civitas akademika, para mahasiswa agar senantiasa meningkatkan profesionalismenya dan melaksanakan evaluasi pendidikan agar benar-benar dapat memberikan infonnasi yang dibutuhkan secara akurat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Badriah, Ana Fajriyatul--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Evaluasi
Pendidikan > Pendidikan Lanjutan
Uncontrolled Keywords: Validitas; Reliabilitas
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 10 Sep 2018 01:50
Last Modified: 10 Sep 2018 01:51
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27959

Actions (login required)

View Item View Item