Konflik dan integrasi intern umat beragama: studi kasus tentang fanatisme NU-Muhammadiyah di Desa Beragung Guluk-Guluk Sumenep Madura

Halili, Rofiqi (2018) Konflik dan integrasi intern umat beragama: studi kasus tentang fanatisme NU-Muhammadiyah di Desa Beragung Guluk-Guluk Sumenep Madura. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Rofiqi Halili_E82211044.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Awal masuk dan berkembangnya NU di Desa Beragung ini, dilakukan oleh seorang Kyai yang menjunjung tinggi ajaran-ajaran Islam. Sejak saat itu secara turun temurun selalu ditanamkan pada diri masyarakat beragung untuk selalu menjunjung tinggi ajaran dan faham NU. Pada awalnya masyarakat beragung cukup homogen karena hanya ada satu faham Nahdlatul Ulama. Baru kemudian setelah itu muncul Muhammadiyah. Sejak munculnya Muhammadiyah, maka masyarakat yang pada awalnya merupakan masyarakat yang homogen, kemudian terjadi peralihan menjadi masyarakat yang heterogen sehingga sempat terjadi kategorisasi NU dan Muhammadiyah bahkan sempat terjadi konflik walaupun hanya berupa celaan. Dimulai dengan adanya perbedaan pendapat tentang hari raya, tahlilan dan yasinan yang kemudian mengarah kepada permasalahan NU dan Muhammadiyah. Samapai saat ini konflik tersebut belum terselasaikan. Fanantisme kelompok mayoritas (NU) tersebut seringkali berujung pada konflik meskipun konflik tersebut tidak sampai pada bentrok fisik, hanya sebatas adu mulut dan penghakiman atas identitas kelompok minoritasitas (Muhammadiyah) sebagai kelompok “Kafir” hanya karena Muhammadiyah menolak untuk melaksanakan tradisi yang sudah lebih dulu ada, yaitu Tahlilan dan Yasinan yang di gelar setiap ada orang yang meniggal dunia. Adanya konflik di desa Beragung sebenarnya lebih di sebabkan oleh masyarakat yang cendrung arogan dan antipati terhadap kelompok dan kebenaran yang datang dari luar dirinya. Selain itu minimnya pendidikan dan kurangnya pengetahuan tentang pentingnya sebuah kebersamaan yang Toleransi. Adapun detail hasil penelitian secara lebih lanjut dapat dikaji dalam pembahasan selanjutnya.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Basyir, Kunawi
Uncontrolled Keywords: Fanatisme NU; Fanatisme Muhammadiyah
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Agama
Organisasi Masyarakat
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Perbandingan Agama
Depositing User: Halili Rofiqi
Date Deposited: 10 Sep 2018 05:03
Last Modified: 10 Sep 2018 05:03
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27957

Actions (login required)

View Item View Item