Urgensi peran serta orang tua dalam mengembangkan kedisiplinan peserta didik di MI Bustan Ululum 07 Tutul Balung Jember Tahun 2009

Isma'il, Musyrifah (2009) Urgensi peran serta orang tua dalam mengembangkan kedisiplinan peserta didik di MI Bustan Ululum 07 Tutul Balung Jember Tahun 2009. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Musyrifah Isma'il_D51206197.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27954

Abstract

Orang tua adalah orang tertua dalam sebuah kom unitas kecil atau kelompok kecil dari masyrakat, dari orang tua anak meniru sP.mua pri laku mereka dengan ini jelas sudah bahwa orang tua suri tauladan bagi anak, lewat orang tua anak belajar meniti dan menyelesaikan masalah kehidupan di masa hidup mereka. Semua prilaku anak adalah tanggung jawab orang tua sepenuhnya karena anak titipan Ilahi yang harus didik dan di asuh. Mendidik dan mengasuh anak berarti juga memberi disiplin anak, disiplir. adalah sebuah tuntutan yang harus di jaiani yang mana jika disiplin itu dipatuhi anak akan terarah dalam mer.jalankan semua aktivitasnya. Kedisiplinan yang sudah dijalankan oleh anak ketika di rumah sangat membantu sekolah dalam memberi kedisiplinan yang baru bagi anak, karena anak tidak lagi terkejut dengan adanya kedisiplinan. Kedisiplinan di sekolah bukan hanya tata tertib sekolah saja, melainkan ada beberapa seperti kedisiplinan dalam belajar, kedisiplinan mengerjakan tugas, kedisiplinan dalam menjalankan tata tertib sekolah, serta kedisiplinan dalam kontinyuitas masuk kelas. Dalam hal ini sekolah tidak bertanggung jawab sepenuh nya dalam menyediplinkan peserta didiknya karena waktu peserta did ik di sekolah kurang lebih hanya 6 jam dan waktu di rumah 18 jam, dengan kenyataan ini sekolah tidak m ungkin bisa menyediplinkan peserta did iknya dalam semua ked isiplinan di atas mungkin sekolah hanya bisa sedikit mem bantu dalam menyediplinkan anak terutama menyediplinkan peserta didik dalam mematuhi tata tertib sekolah. Dalam hal ini peneliti membahas tenang "Peran Serta Orang Tua Dalam Mengem bangkan Kedisiplin Peserta Didik". Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana urgensi peran serta orang tua dalam mengembangkan kedisiplinan peserta didik di MI. Bustanul Ulum 07 tutul-balung-jember dalam aspek belajar, tugas, mematuhi tata tertib, dan masuk kelas. Dalam penggalian data yang yang lengkap dan valid dalam penulisan skripsi ini di gunakan beberapa metode yaitu penelitian lapangan yang dilakukan melal ui observasi, interview dan documenter dan juga menggunakan metode penilaian perpistakaan. Sedangkan jenis penelitian ini adala h penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan an&lisa data deduktif-induktif. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kedisiplinan sangat membantu mengarahkan aktifitas peserta didik khususnya dalam pendidikan, dengan adanya peran serta orang tua dalam menyediplinkan peserta didik maka cita-cita mencerdaskan anak bangsa akan terlaksana dan terwujud.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Khumaidi, Khumaidi
Uncontrolled Keywords: Peran orang tua; disiplin
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Orang tua dan Anak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 06 Sep 2018 08:23
Last Modified: 06 Sep 2018 08:23
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27954

Actions (login required)

View Item View Item