Strategi pendidik dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MI Salafiyah Safi'ifyah Putri Sukorejo Banyuputih Situbondo Tahun Pelajaran 2008/2009, Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakutlas Tarbiyah Agama Islam Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hozainiyah, Hozainiyah (2009) Strategi pendidik dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MI Salafiyah Safi'ifyah Putri Sukorejo Banyuputih Situbondo Tahun Pelajaran 2008/2009, Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakutlas Tarbiyah Agama Islam Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Hozainiyah_D51206214.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kegiatan proses belajar mengajar tidak akan menjadi baik tanpa adanya motivasi dan minat belajar yang tinggi dari para siswa. Motivasi tersebut bisa berkembang dan tumbuh dengan baik jika guru mampu menerapkan strategi belajamya dengan baik. Atas clasar itu penelitian ini difokuskan pada strategi pendidik dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Fokus ini kemudian dikembangkan kepada dua sub fokus yaitu: (I) Motivasi belajar siswa di MI Salafiyah Syafi'iyah Putri Situbondo dan (2) Strategi pendidik dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MI Salafiyah Syafi'iyah Putri Situbondo. Dua sub fokus ini dimanfaatkan sebagai kerangka berpikir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi dan dokumeni. Data yang terkumpul diperiksa keabsahannya dengan pengecekan kribilitas data yang dilakukan dengan triangulasi, pengecekan anggota dan diskusi sejawat Data dianalisis dengan melakukan langkah­ Jangkah: (1) Reduksi data (2) Penyajian data (3) Penarikan kesimpulan. Dari analisis data diperoleh temuan-temuan sebagai berikut: Pertama motivasi belajar siswa di MI Salatiyah Syafi'iyah Putri Sukorejo Situbondo yang diteliti cukup baik walupun masih perlu ditingkatkail. Sebagian siswa masih termotivasi oleh faktor-faktor dari luar dari siswa itu sendiri. Dalam artian sedikit sekali yang tennovitasi memakai beberapa metode dan trik-trik mengajar yang bervariasi. Di samping pemberian • insentif berupa nilai ujian juga hadiah yang dapat membangkitkan minat belajar siswa. Berdasarkan basil temuan peneliti maka direkomendasikan sebagai berikut: (1) Untuk tenaga pengajar di MI Salafiyah Syaf 'iyah Putri Sukorejo Situbondo diharapkan dapat memahami dan melaksanakan straLegi belajar mengajar dengan baik terutama menguasai tahapan-tahapan dalam proses pembelajara. (2) Untuk Kepala Madrasah supaya mengusahakan peningkatan tenaga pengajamya mengingat latar belakang pendidikan para pendidik banyak berbeda-beda misalnya dengan cara memberikan pelatihan-pelatihan, kursus, seminar, lokakarya clan melengkapi sarana dan prasarana yang ada (3) Kepada pengambiJ kebijakan agar memberi peluang pada MI SaJafiyah Syafi'iyah Putri Sukorejo Situbondo untuk dapatnya mengembangkan sistem pembelajaran terutama dalam membimbing siswa bisa lebih leluasa (4) Kepada masyarakat agar menanamkan kesadaran bahwa maju mundumya sekolah merupakan tanggung jawab sosial dan moral masyarakat. (5) Kepada peneliti lain agar menindaklanjuti langkah-langkah penelitian ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hozainiyah, Hozainiyah--UNSPECIFIED
Subjects: Motivasi Belajar
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Uncontrolled Keywords: Strategi Pendidik; Motivasi Belajar; MI Salafiyah Syafi'iyah Putri
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 06 Sep 2018 08:09
Last Modified: 06 Sep 2018 08:09
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27953

Actions (login required)

View Item View Item