Studi komparasi tingkat kualitas keberagamaan antara siswa SMP Wahid Hasyim yang tinggal di dalam dan di luar pondok pesantren Nurul Huda Sumberwudi Karanggeneng Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rif'an, Abdullah (2011) Studi komparasi tingkat kualitas keberagamaan antara siswa SMP Wahid Hasyim yang tinggal di dalam dan di luar pondok pesantren Nurul Huda Sumberwudi Karanggeneng Lamongan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Abdullah Rif'an_D01207202.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan di zaman seperti ini telah mengalami banyak perubahan dari banyak segi, sernua ini tidak lain karena berbagai faktor telah masuk ke dalamnya. Sebagai salah satu contoh faktor tersebut adalah lingkungan, merupakan salah satu faktor pendidikan di luar keluarga yang mampu mencetak berbagai sifat dan tingkah laku seorang anak, sehingga seperti pada lembaga pondok pesantren Nurul Huda telah mencoba mengait clan membantu anak-anak agar mendapat pendidikan yang baik di luar keluarga dan menjaga dari lingkungan yang kurang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kualitas keberagamaan antara siswa SMP Wahid Hasyim yang tinggal di dalam dan di luar pondok pesantren Nurul Huda Sumberwudi Karanggeneng Lamogan. Data penelitian diperoleh dengan cara dokwnentasi, wawancara dan angket, dan selanjutnya data tersebut dianalisis dengan menggunakan rumus t tes. Dari hasil penelitian ditemukan, bahwa antara siswa S:MP Wahid Hasyim yang tinggal di dalam dan di luar pondok pesantren memiliki kualitas keberagamaan yang sama, yakni dengan skor to -0,4375 < t tabel• Berdasarkan basil penelitian di atas, dapat menepis anggapan negatif bahwa kepedulian orang tua kepada anaknya tentang keberagamaan agaknya telah mulai menghilang tergilas zaman dan budaya negara lain, akan tetapi masih banyak pula orang tua yang memperdulikan masa depan anaknya agar mereka mau membawa pegangan hidup agama dibawanya sampai akhir hayat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rif'an, AbdullahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Anak
Pesantren
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Uncontrolled Keywords: Kualitas keberagamaan; Siswa SMP Wahid Hasyim; santri pondok
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 05 Sep 2018 08:08
Last Modified: 05 Sep 2018 08:08
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27948

Actions (login required)

View Item View Item