Epistemologi studi hadis: kajian ilmiah tentang validitas dan reliabilitas studi hadis dalam rangka menyikapi keraguan orientalis tentang otentisitas hadis nabi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Idri, Idri (2014) Epistemologi studi hadis: kajian ilmiah tentang validitas dan reliabilitas studi hadis dalam rangka menyikapi keraguan orientalis tentang otentisitas hadis nabi. In: Pengukuhan Guru Besar, 2014, Surabaya.

[img]
Preview
Text
Idri_Epistemologi studi hadis.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sebagai ilmu pengetahuan yang bertujuan untuk mengetahui benar tidaknya suatu hadis, ilmu (studi) badis sejatinya memenuhi syarat epistemologis sehingga kebenarannya dapat diakui secara ilmiah. Dalam arti, kebenaran yang dikemukakan oleh studi badis dapat dibuktikan baik berdasar data empirik-historis maupun secara rasional. Dengan demikian, kaedah atau teori-teori yang diusung dalam ilmu ini dapat dibuktikan kebenarannya sehingga benar-benar dapat dijadikan sebagai alat dan barometer untuk menguji otentisitas suatu hadis. Jika demikian yang terjadi, maka secara universal kebenaran ilmu badis beserta aplikasinya dalam penelitian otentisitas hadis dapat diterima kcbenarannya. Namun kenyataanya tidak demikian. Masih terjadi perbedaan yang sangat tajam antara pandangan ulama hadis, pada satu sisi, dan perspektif para orientalis, pada sisi yang lain, dalam menilai otentisitas hadis-hadis Nabi. Perbedaan tersebut, tampaknya, tidak hanya berkutat pada persoalan eksistensi dan otentisitas hadis Nabi, tetapi meram-bah juga pada landasan epistemologi studi hadis yang telah berabad-abad dibangun dan dikembangkan oleh ulama hadis terutama berkenaan dengan validitas dan reliabilitasnya dalam penent uan keotentikan hadis. Karena itu, melalui orasi ilmiah pengukuhan Guru Besar bidang llmu Hadis ini, saya akan mengkaji tentang epistemologi studi hadis sebagai upaya untuk menyikapi keraguan sebagian orientalis tentang validitas dan reliabilitas teori dan kaedah-kaedah yang digunakan dalam studi hadis pada penentuan otentisitas hadis Nabi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Conference or Workshop Item (Speech)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Idri, Idri--UNSPECIFIED
Subjects: Hadis
Uncontrolled Keywords: Orientalis; hadis nabi
Divisions: Karya Ilmiah > Orasi Ilmiah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 04 Sep 2018 08:56
Last Modified: 04 Sep 2018 08:56
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27941

Actions (login required)

View Item View Item