Information literacy: a study on English students' textbook based on empowering 8 model

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mufidah, Faizatul (2018) Information literacy: a study on English students' textbook based on empowering 8 model. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Faizatul Mufidah_D95211082.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Buku teks siswa adalah buku yang diberikan secara gratis untuk mendukung sistem pendidikan di Indonesia. Hampir semua sekolah di Indonesia menggunakan buku teks ini karena selain gratis, buku ini juga memuat materi yang telah disesuaikan dengan kurikulum Pemerintah yang selalu diperbarui setiap tahun. Saat ini, pemerintah mempromosikan untuk rakyatnya agar melek informasi. Dalam hubungan ini peneliti ingin menghubungkan dua aspek ini untuk dianalisis tentang komponen literasi informasi yang terkandung dalam buku teks siswa bahasa Inggris apakah sudah sesuai dengan komponen literasi informasi berdasarkan model Empowering 8 model. “Empowering 8” model adalah salah satu model literasi informasi yang dibuat oleh orang-orang Asia melalui lokakarya di Sri Lanka dan beberapa negara Asia juga menjadikan ini sebagai referensi untuk kurikulum pendidikan. Empowering 8 model sendiri memiliki 8 komponen yang didalamnya terdapat beberapa indikator untuk dianalisis. Melalui beberapa indikator ini, peneliti menganalisis komponen literasi informasi yang terdapat dalam buku teks siswa bahasa Inggris. Karena waktu yang dibutuhkan banyak untuk menganalisis 8 komponen, peneliti memilih untuk fokus pada kegiatan membaca yang ada di semua bab dan menganalisis kegiatan instruksi yang didukung dalam buku guru. Berdasarkan delapan komponen; (mengidentifikasi, mengeksplorasi, memilih, mengatur, membuat, menyajikan, menilai, dan menerapkan), peneliti menganalisis dan memasukkan hasil ke dalam indikator yang ada. Hasil penelitian ini, literasi informasi dalam buku teks siswa kelas X Bahasa Inggris dari pemerintah menunjukkan persentasenya 51% berdasarkan analisis Empowering 8 model.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mufidah, Faizatulfaiza.kelinci@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Contextual Teaching and Learning
English Learning
Informasi
Keywords: Information literacy; English students' textbook; Empowering 8 model
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mufidah Faizatul
Date Deposited: 04 Sep 2018 02:27
Last Modified: 04 Sep 2018 02:27
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27923

Actions (login required)

View Item View Item