AL AF'AL AL MAZIDAH WA FUADUHA FI SURAH YUSUF : AL DIRASAH AL SHAR'FIYAH

Sya'rani, Ahmad (2014) AL AF'AL AL MAZIDAH WA FUADUHA FI SURAH YUSUF : AL DIRASAH AL SHAR'FIYAH. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (84kB) | Preview

Abstract

“Fi’il-Fi’il Mazid dan Faidah-nya di Surat Yusuf”.
Ilmu Sharaf menjadi salah satu diantaranya ilmu bahasa yang ada didalam Al-Quran. Istilah modern untuk menyebut kajian ini adalah morfologi bahasa. Ruang lingkup pembahasan ilmu Sharaf mengenai pembentukan kalimat serta perubahannya yang mengakibatkan perubahan makna didalamnya. Kalimat dalam bahasa Arab terbagi menjadi kalimah isim (kata benda), kalimah fiil (kata kerja) dan kalimah huruf (kata sambung). Kata kerja (fiil) dalam Al-Quran banyak sekali macam dan jumlahnya. Dalam kajian bahasa Arab kata kerja terbagi menjadi beberapa bagian. Adapun dari segi jumlah huruf aslinya terbagi menjadi dua yaitu kata kerja yang terdiri dari tiga huruf asli (tsulatsi) dan kata kerja yang terdiri dari empat huruf asli (ruba’i). Sedangkan dari keaslian atau kemurnian hurufnya juga terbagi menjadi dua yaitu kata kerja murni tanpa tambahan huruf (mujarrad) dan kata kerja dengan tambahan huruf (mazid). Penambahan dalam suatu kata kerja memiliki tujuan tertentu sehingga dapat memunculkan makna baru yang disebut dengan faidah (fungsi). Namun, makna baru yang ada harus disesuaikan dengan konteks kalimatnya.
Surat Yusuf menjadi surat keduabelas didalam urutan Al-Quran yang terdiri dari 111 ayat. Surat Yusuf bisa dikatakan menjadi satu-satunya surat dalam Al-Quran yang berisi tentang kisah kenabian yang yang paling sempurna karena dalam surat ini menceritakan kisah nabi Yusuf AS mulai dari dilahirkan sampai beliau dewasa dan diangkat menjadi seorang rasul. Kandungan yang terpenting dalam surat ini adalah perjuangan nabi Yusuf dalam menyampaikan risalah ketuhanan dengan berbagi macam ancaman dan rintangan yang menyertainnya.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif (untuk memberikan gambaran dan penjelasan tentang penelitian ini). Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data-data yaitu metode dokumentasi dengan mencari data-data yang ada pada Al-Quran berupa ayat-ayat Al-Quran yang mengandung fiil mazid serta menjelaskan faidah dan makna dari huruf tambahan. Sumber data dalam penelitian ini selain Al-Quran juga buku-buku bahasa Arab yang memiliki hubungan dengan judul ini.
Hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis dalam penelitian ini adalah macam-macam fiil mazid yang terdapat dalam surat Yusuf yaitu fiil mazid dengan tambahan satu huruf (ruba’i), tambahan dua huruf (khumasi), dan tambahan tiga huruf (tsudatsi). Dan yang dibahas dalam penelitian ini adalah macam-macam fiil mazid dan wazannya, serta faedahnya Fiil Tsulasi Mazid di dalam surat Yusuf.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Fi'il Mazid; Surah Yusuf
Subjects: Kesusastraan > Sastra Arab
Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 05 Feb 2015 08:04
Last Modified: 05 Feb 2015 08:04
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/279

Actions (login required)

View Item View Item