Strategi pengelolaan Pariwisata Halal Kota Surabaya: studi kasus pada Wisata Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ahyak, Ahyak (2018) Strategi pengelolaan Pariwisata Halal Kota Surabaya: studi kasus pada Wisata Sunan Ampel Surabaya. Masters thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Ahyak_F12416265.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Peluang dari pengembangan wisata halal yaitu potensi pasar baik wisatawan domestik (penduduk Indonesia 90% beragama Islam) maupun mancanegara (khusus Timur Tengah dan Malaysia cukup menjanjikan). Potensi yang menjanjikan terhadap pengembangan wisata Islami atau wisata syariah di Indonesia semakin diperkuat dengan launching pariwisata syari’ah pada tanggal 30 Oktober 2013 pada acara Indonesia Halal Expo (INDEX) di Jakarta Internasional Expo yang didukung oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI). Adapun tujuan dari penelitian ini adalah; 1). Untuk mengetahui strategi pengelolaan wisata Sunan Ampel Surabaya. 2) untuk mengetahui faktor penghambat dalam strategi pengelolaan wisata Sunan Ampel Surabaya. 3) untuk mengetahui faktor pendukung dalam strategi pengelolaan wisata Sunan Apel Surabaya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Adapun hasil penelitian ini berkaitan dengan; 1) Strategi pengelolaan dibidang manajemen dikelola secara profesional dengan: Pertama, Berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata. Kedua, Mengadakan Kegiatan Ilmiah sebagai salah satu potret dalam menanamkan nilai-nilai kagamaan. Ketiga, Pembinaan sumber daya manusia dengan mengadakan pelatihan kepada semua Nadzir. Strategi pengelolaan dibidang Wisata dikelola secara tradisional, dengan menawarkan banyak alternative, seperti wisata religi, wisata kuliner, dan wisata pasar tradisional, yang mana dikelola secara tradisional. 2) Faktor penghambat pengelolaan wisata Sunan Ampel: Pertama, Kesadaran SDM baik dari kalangan Wisatawan maupun Nadzir. Kedua, Fasilitas Kurang Memadai terutama di hari-hari besar atau hari libur karena banyaknya pengunjung yang berdatangan. 3) Faktor Pendukung Pengelolaan Wisata Sunan Ampel Surabaya seperti: Pertama, Lingkungan Islami bagi Wisatawan yang terwujud dalam pemisahan penyediaan tempat bagi para wisatawan laki-laki dan perempuan. Kedua, Penyiapan Sarana Prasarana bagi Wisatawan mulai dari listrik, air, penginapan, tempat wudhu’, tempat mandi, masjid dan lain sebagainya. Sedangkan saran yang dapat penulis sampaikan adalah; 1) Mengadakan pelatihan terkait pengembangan tempat Wisata Halal kepada semua Nadzir yang dikelola secara produktif. 2) Memberikan arahan dan bimbingan kepada semua wisatawan baik secara online maupun ofline. 3) Memperluas wilayah Kawasan Wisata Sunan Ampel dengan melakukan pembebasan tanah sekitar, sehingga fasilitas bagi para wisatawan dapat memadai. 4) Memperbaiki fasilitas yang sudah kurang layak, peremajaan tatanan, dan penghijauan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ahyak, Ahyaksyaifahya91@gmail.comF12416265
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAhrori, Syaiful--2025095501
Subjects: Manajemen Strategi
Pariwisata
Keywords: Strategi Pengelolaan; “Wisata Halal”; Sunan Ampel
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ahyak Ahyak
Date Deposited: 02 Oct 2018 06:49
Last Modified: 30 Nov 2020 22:51
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27899

Actions (login required)

View Item View Item