Dakwah K.H. Khoiron Zaini di kalangan remaja: studi metode dakwah persuasif Komunitas Majelis Pemuda Bersholawat (MPB) At Taufiq

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Faishol, Abd. Hadi (2018) Dakwah K.H. Khoiron Zaini di kalangan remaja: studi metode dakwah persuasif Komunitas Majelis Pemuda Bersholawat (MPB) At Taufiq. Masters thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Abd Hadi Faishol_F12716324.pdf

Download (5MB)

Abstract

Di zaman yang semakin canggih dan modern, timbul berbagai macam problematika kehidupan pada para remaja kabupaten Sampang khususnya di Kecamatan Karangpenang. Berbagai cara dan upaya untuk memberikan solusi islami terhadap berbagai berbagai problematika dalam kehidupan remaja tersebut. Problematika kehidupan yang dimaksud mencakup beberapa aspek seperti pergaulan bebas, dekadensi mural, geng motor dan bahkan pecandu narkoba. Adanya Problem tersebut mengharuskan K.H. Khoron Zaini dan komunitasnya (Majelis Pemuda Bersholawat (MPB) At-Taufiq) melakukan perubahan yang mendasar terhadap moralitas para remaja yang ada di Kecamatan Karang Penang kabupaten Sampang. Untuk itu dakwah harus dikemas dengan metode yang tepat dan pas, aktual, faktual dan kontekstual. Dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif naturalistik dan berdasar pada kerangka teori Komunikasi Persuasif, tesis ini meneliti Dakwah K.H. Khoiron Zaini di Kalangan Remaja “Studi Metode Dakwah Persuasif Komunitas Majelis Pemuda Bersholawat (MPB) At-Taufiq”.Penelitian ini berhasil mengungkap temuan sebagimana berikut: 1) Metode dakwah yang digunakan oleh K.H. Khoiron Zaini adalah bertemu langsung dengan mitra dakwah 2) Dakwah Melalui Komunitas Majelis Pemuda Bersholawat (MPB) At-Taufiq 3) Penyampain Dakwah Melalui Media Sosial “Facebook”. Adapun yang menjadi faktor pendukung dari penelitian ini adalah: 1) daya tarik komunikator 2) penyusunan pesan dakwah. Dan yang menjadi penghambat dalam penelitian ini adalah: 1) Posisi sosial 2) Faktor semantic. Sedangkan solusi yang dikembangkan adalah menjalin hubangan yang baik, mempererat hubungan kekerabatan dengan mitra dakwah, dan memaksimalkan metode dakwah yang dilakukan oleh da’i.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Faishol, Abd. Hadihadifaishol84@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah, Remaja
Dakwah > Dakwah - Metode
Uncontrolled Keywords: Metode Dakwah Persuasif; Remaja; MPB At Taufiq
Divisions: Program Magister > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Faishol Abd Hadi
Date Deposited: 02 Oct 2018 06:24
Last Modified: 02 Oct 2018 06:50
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27898

Actions (login required)

View Item View Item