Sterilisasi dengan alasan faktor ekonomi dalam perspektif hukum Islam di Desa Ngetos Kecamatan Ngetos Kabupaten Nganjuk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pujianto, Nanang (2011) Sterilisasi dengan alasan faktor ekonomi dalam perspektif hukum Islam di Desa Ngetos Kecamatan Ngetos Kabupaten Nganjuk. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Nanang Pujianto_C01206115.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27874

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan untuk menjawab pertanyaan: Menagapa faktor ekonomi dijadikan alasan utama masyarakat Desa Ngetos Kecamatan Ngetos Kabupaten Nganjuk untuk melakukan sterilisasi? Bagaimana perspektif hukum. Islam terhadap terhadap pelaksanaan Sterilisasi di Desa Ngetos Kecamatan Ngetos Kabupaten Nganjuk? Penelitian ini menggunakan metode deslaiptif analitis, yakni data penelitian yang bersumber dari lapangan disusun dengan mengadakan interview, observasi, dan dokumentasi kemudian akan dideskripsikan lalu dianalisis dengan menggunakan hukum Islam. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa masyarakat Desa Ngetos Kecamatan Ngetos Kabupaten Nganjuk menggunakan sterilisasi hanya sebagai alat kontrasepsi semata. Mereka menggunkan sterilisasi dengan alasan ekonomi karena yang pertama mayoritas masyarakat Desa Ngetos Kecamatan Ngetos Kabupaten Nganjuk pekerjaannya adalah sebagai petani dan sebagian lagi bekerja sebagai buruh tani. Yang kedua adalah karena pendapatan suami mereka rata-rata adalah sebesar Rp 20000 sampai Rp 25000 perhari. Hasil analisis hukum Islam menyimpulkan bahwa pelaksanaan sterilisasi dengan alasan faktor ekonomi di Desa Ngetos Kecamatan Ngetos Kabupaten Nganjuk adalah diperbolehkan karena melihat kadar Dharuriyahnya dari lemahnya ekonomi dan teknik sterilisasi dengan cara diikat serta mempertimbangkan kaidah-kaidah usl.ul fiqh, maqidus syari' ah, maslahah mursalah dan 'urf serta mengacu pada dalil Al-Qur'an surat An-Nisa' ayat 9 Al­ Tagabiin ayat 14 dan 15, Al-Hadid ayat 20. Kepada para pasangan muda yang hendak melaksanakan pernikahan seyogyanya benar-benar mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya baik dari segi materi maupun immateri, sehingga nantinya ketika memiliki anak mereka sudah siap dan anak mereka tidak akan terlantar dengan alasan keterbatasan ekonomi. Kepada seluruh warga masyarakat Desa Ngetos Kecamatan Ngetos Kabupaten Nganjuk yang akan melakukan Keluarga Berencana dengan menggunakan Sterilisasi hendaknya dipikirkan atau dipertimbangkan lagi secara masak-masak agar tidak menyesal dikemudian hari. Dan kalau bisa diupayakan terlebih dahulu menggunakan alat atau cara kontrasepsi Keluarga Berencana yang benar-benar dibolehkan oleh Islam semisal dengan 'azl seperti yang dilakukan oleh para sahabat dijaman Nabi atau bisa menggunakan suntik, pil, kondom, implant, dan IUD (spiral).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pujianto, Nanang--UNSPECIFIED
Subjects: Keluarga > Keluarga Berencana
Keywords: Sterilisasi; KB; Keluarga Berencana
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 27 Aug 2018 07:55
Last Modified: 27 Aug 2018 07:55
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27874

Actions (login required)

View Item View Item